Breaking News:

Sebagian Warga Cianjur Belum Terima BPNT, Kadinsos Jelaskan Ini Penyebabnya

Asep mengatakan, hingga saat ini banyak laporan masuk mengenai saldo yang masih kosong untuk beberapa bulan.

TRIBUNJABAR.ID/FERRI AMIRIL MUKMININ
ILUSTRASI - Tim Yayasan Lembaga Perlindungan Konsumen Nusantara (YLPKN) Jabar sedang melakukan cek data ulang penerima bantuan BPNT di Cianjur, Jumat (29/10/2021). 

Laporan Wartawan TribunJabar.id, Ferri Amiril Mukminin

TRIBUNJABAR.ID, CIANJUR - Penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) untuk keluarga penerima manfaat (KPM) di beberapa titik di Kabupaten Cianjur masih belum merata.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Cianjur, Asep Suparman menjelaskan penyebabnya karena saat ini masih dilakukan evaluasi data.

Asep mengatakan, evaluasi data dilakukan untuk kembali memastikan tepat sasaran bagi penerima BPNT.

"Hingga saat ini memang masih dilakukan pendataan ulang atau evaluasi data," kata Asep Suparman, di pendopo Cianjur, Senin (13/12/2021) siang.

Baca juga: Saber Pungli Jabar Temukan Dugaan Penyelewengan BPNT di Bogor, Kades Minta Duit ke KPM dan E-Warong

Asep mengatakan, hingga saat ini banyak laporan masuk mengenai saldo yang masih kosong untuk beberapa bulan.

"Ada yang saldonya kosong atau terblokir, dengan begitu kami dari Dinsos akan berkoordinasi dengan pihak bank BRI sebagai bank penyalur," kata Asep.

Ia mengatakan, Kabupaten Cianjur menggunakan himbara atau bank penyalurnya bank BRI.

"Ada juga yang sudah empat bulan tapi saldonya tetap nol, maka akan kami laporkan ke pihak bank BRI kenapa bisa kosong," katanya.

Berdasarkan surat edaran dari Kementerian Sosial RI, untuk bulan Desember tahun 2021 ini paling lambat di tanggal 31 bulan ini sudah harus terdistribusi ke KPM BPNT.

"Kami juga sudah mendapatkan surat edaran dari Kementerian Sosial bahwa di tanggal 31 Desember ini pendistribusian BPNT sudah harus dilakukan," katanya.

Baca juga: Biasa Dijual di Pasar Lokal dan Untuk BPNT, Petani Ikan Mujair di Pangandaran Kini Kesulitan Menjual

Berkaca dari hal tersebut pihaknya akan kembali berkoordinasi dengan pihak bank BRI untuk melakukan percepatan pendistribusian.

"Kami akan kembali berkoordinasi dengan bank BRI, bagaimana caranya agar bisa melakukan percepatan pendistribusian ke KPM BPNT," katanya.

Asep mengatakan, jika pihaknya akan berupaya dan mengikuti aturan yang dikeluarkan oleh Kementerian sosial agar pendistribusian BPNT di akhir bulan ini bisa selesai semuanya.

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved