Breaking News:

Gejalanya Sesak Napas Seperti Kelelahan, Ternyata Itu Tanda Penyakit Langka pada Jantung

Cardiac angiosarcoma atau angiosarcoma jantung adalah bentuk kanker langka yang menyebabkan sel-sel di dalam pembuluh darah jantung berkembang biak da

Kompas.com
ilustrasi penyakit jantung 

TRIBUNJABAR.ID - Cardiac angiosarcoma atau angiosarcoma jantung adalah bentuk kanker langka yang menyebabkan sel-sel di dalam pembuluh darah jantung berkembang biak dan membentuk tumor.

Istilah ini pertama kali dikemukakan dokter pada 1934, dilansir TibunHealth.com dari CNA.

Sel-sel kanker sering ditemukan di pembuluh darah yang melapisi otot-otot dinding jantung, kata Dr Robert Maki, ahli onkologi medis dan direktur klinis Program Sarcoma di Penn Medicine di Philadelphia.

Kanker ini adalah bagian dari keluarga besar kanker yang disebut sarkoma, yang mempengaruhi jaringan ikat yang mendukung dan mengelilingi bagian lain dari tubuh, termasuk otot, lemak, dan pembuluh darah.

Angiosarcoma adalah sejenis sarkoma yang secara khusus menyerang sel-sel yang melapisi pembuluh darah, dan angiosarcoma jantung adalah angiosarcoma yang terjadi di dalam atau di sekitar jantung.

Baca juga: Dulu Pernah Berseteru, Ini Reaksi Ahok Saat Haji Lulung Terbaring Akibat Sakit Jantung

Baca juga: Sering Dikunjungi Pasien asal Indonesia, IJN Kembangkan Perawatan Pasien Katup Jantung Bocor

Angiosarkoma jantung yang dimulai di jantung dikenal sebagai angiosarkoma jantung primer.

Sedangkan kanker yang terbentuk di tempat lain dan kemudian menyebar ke jantung disebut sebagai angiosarkoma jantung sekunder.

Angiosarcoma bersifat agresif dan juga dapat menyebar, atau bermetastasis, ke bagian tubuh lain, termasuk paru-paru, hati, dan sumsum tulang, kata Dr Maki.

Termasuk langka

 Angiosarkoma jantung sangat jarang terjadi.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved