Breaking News:

Sering Dikunjungi Pasien asal Indonesia, IJN Kembangkan Perawatan Pasien Katup Jantung Bocor

Institut Jantung Negara (IJN) di Malaysia selama ini kerap jadi rumah sakit yang dituju warga Indonesia untuk berobat jantung.

Interesting Engineering
Jantung manusia 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Institut Jantung Negara (IJN) di Malaysia selama ini kerap jadi rumah sakit yang dituju pasien penyakit jantung asal Indonesia untuk berobat jantung.

Saat ini, IJN mengumumkan bisa menangani pasien penderita katup jantung bocor dengan prosedur invasif minimal melibatkan penggunaan sistem pengiriman katup kering yang dimuat sebelumnya atau disebut katup bikaval transkateter tricvalve.

Metode tersebut dilakukan untuk pasien katup jantung bocor dengan resiko tinggi. Metode itu sendiri sudah dilakukan pada Mei oleh tim dokter gagal jantung dan transplantasi jantung.

Baca juga: Cek Kesehatan, Ratusan Warga Binaan Majalengka Jalani Tes Deteksi HIV AIDS

Secara khusus, tricvalve dikembangkan untuk pasien yang menderita katup jantung bocor, utamanya yang tak dapat mengendalikan gejalanya melalui perawatan lain dan dianggap terlalu beresiko tinggi untuk pembedahan atau operasi.

Sejauh ini, pasien penderita katup jantung bocor seringkali mengalami cepat kelelahan, irama jantung tak normal, sesak napas, dan pembengkakan pada kaki serta perut. Tetapi, tanda-tanda ini sering tak terjadi sampai kondisi semakin parah.

Pasien penderita katup jantung bocor bisa ditangani dengan obat-obatan untuk meredakan gejalanya, sementara yang parah perlu perbaikan atau penggantian katup jantung.

"Tak semua pasien mampu menahan resiko operasi atau mungkin memiliki kondisi lain yang membuat mereka tak cocok untuk prosedur tertentu, misalnya bedah umum untuk regurgitasi katup trikuspid ialah annuloplasty, yakni prosedur dengan mengencangkan cincin di sekitar katup di jantung," kata Dato' Azmee Mohd Ghazi selaku Direktur Klinis, Gagal Jantung & Transplantasi Jantung, Konsultan Ahli Jantung IJN saat webinar secara virtual zoom meeting, Rabu (1/12/2021).

Baca juga: Berani Buat Terobosan Saat Pandemi, Anak Muda Bandung Garap Fashion Khusus Ini, Banyak Dapat Orderan

Sayangnya, lanjut Azmee, ada pasien yang tak cocok sehingga perlu cara lain dan ditawarkan pengobatan inovatif baru.

Seperti Tricvalve untuk membantu lebih banyak pasien dalam meringankan gejala serta meningkatkan kualitas hidup.

"Sistem katup ganda dikembangkan agar prosedur invasif minimal dan menawarkan periode pemulihan yang lebih cepat bagi pasien bergejala katup jantung bocor dengan kategori parah," ucap dia.

IJN sempat melaporkan pada 2019, ada sekira 4000 orang Indonesia berobat ke IJN setiap tahun untuk operasi hingga kunjungan pascaoperasi.

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved