Breaking News:

BCA Resmi Memblokir Kartu ATM Magnetik, Jangan Panik, Ini Langkah yang Perlu Dilakukan Nasbah

PT. Bank Central Asia Tbk resmi memblokir penggunaan kartu debit strip magnetik pada Rabu (1/12/2021). Dengan demikian, kartu lama tak bisa digunakan

Editor: Darajat Arianto
Tribun Jabar/Giri
ILUSTRASI - BCA memastikan hanya ATM bercip yang berlaku mulai Rabu (1/12/2021) 

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA - PT. Bank Central Asia Tbk (Tbk) resmi memblokir penggunaan kartu debit strip magnetik pada hari ini, Rabu (1/12/2021). Dengan demikian, kartu debit lama itu sudah tidak bisa lagi digunakan untuk berbagai jenis transaksi BCA.

Executive Vice President Secretariat & Corporate Communication BCA Hera F. Haryn mengatakan, perusahaan telah melakukan berbagai sosialisasi kepada nasabahnya untuk melakukan penukaran kartu debit menjadi kartu debit berbasis cip.

"Komunikasi antara lain melalui media massa, SMS, pemberitahuan atau notifikasi di BCA mobile dan layar ATM, serta berbagai platform sosial media," kata Hera kepada Kompas.com, Rabu.

Namun demikian, BCA mencatat masih ada nasabah yang belum melakukan penukaran kartu debit lamanya.

"Hingga Oktober 2021, jumlah Kartu Debit BCA tercatat sekitar 24,8 juta, di mana sekitar hampir 22,2 juta (sekitar 88 persen) sudah menggunakan cip," ujar Hera.

Bagi nasabah yang kartu ATM magnetiknya diblokir BCA, segera tukarkan kartu debit strip magnetik tersebut dengan kartu debit berbasis cip.

Untuk memfasilitasi penukaran tersebut, BCA menyiapkan 3 jenis layanan penukaran.

Pertama, nasabah dapat menukarkan kartu debitnya secara mandiri dengan menggunakan mesin CS Digital BCA.

Layanan ini dapat digunakan untuk penukaran kartu debit jenis Debit BCA dan Xpresi BCA. Selanjutnya, nasabah juga dapat melakukan penukaran kartu debit di seluruh kantor cabang BCA.

Layanan ini dipastikan dapat dilakukan nasabah tanpa pungutan biaya, atau gratis. Apabila nasabah tidak ingin ke luar rumah, penukaran kartu debit dapat dilakukan nasabah dengan menghubungi Halo BCA 1500888 dan aplikasi haloBCA.

Adapun tarif pengiriman kartu yang akan dikenakan kepada nasabah sebesar Rp 20.000. Adapun khusus Simpanan Pelajar dan BCA Cash penggantian kartu hanya bisa dilakukan melalui Kantor Cabang BCA terdekat. (rully r. ramli)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kartu ATM Magnetik Diblokir BCA, Ini yang Perlu Dilakukan Nasabah",

Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved