Breaking News:

3 Hal yang Wajib Diperhatikan Sebelum Beli Mobil Bekas, Jangan Sampai Menyesal!

Membeli mobil bekas dapat memberikan keuntungan bagi pelanggan, terlebih kalau mereka bisa mendapatkan mobil berkualitas dengan harga yang lebih hemat

Istimewa
Store OLX Autos di Jl Buah Batu, Bandung, Jawa Barat 

TRIBUNJABAR.ID,– Tak sedikit orang yang memilih beli mobil bekas ketimbang mobil baru. Membeli mobil bekas dapat memberikan keuntungan bagi pelanggan, terlebih kalau mereka bisa mendapatkan mobil berkualitas dengan harga yang lebih hemat.

Tapi, untuk membawa pulang mobil bekas dengan kualitas dan performa yang masih bagus, Anda harus cermat memeriksa kondisinya terlebih dulu. Hal ini pun penting untuk menghindari penipuan yang merugikan.

Selain itu, ada banyak faktor yang menjadi penentu mobil bekas berkualitas baik atau tidak. Berikut ini adalah tiga hal yang wajib diperhatikan saat membeli mobil bekas.

Kondisi mesin

Kondisi mesin harus jadi hal pertama yang Anda periksa. Lantas, bagaimana  sih kriteria mesin mobil bekas yang baik?

Cara mudahnya, Anda bisa memeriksa ruang mesin pada bagian atas dan bawah dengan memastikan apakah kondisinya bersih atau banyak debu dan sisa-sisa kebocoran oli.

Lalu, coba menyalakan mesinnya dan mengecek apakah terdapat bunyi atau bising yang tidak normal. Lakukan pengecekan kecil dengan menginjak pedal gas dan periksa kondisi gas buangan yang dibuang pada knalpot. Jika asap buangan berwarna tidak lazim seperti putih, kemungkinan mesin sudah dalam kondisi aus dan tidak dalam kondisi baik.

Periksa kelengkapan dokumen

Mobil bekas yang baik adalah yang memiliki STNK, BPKB dan surat lainnya. BPKB atau Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor adalah dokumen penting yang menjadi bukti kepemilikan kendaraan bermotor, termasuk mobil.

Pastikan mobil bekas yang Anda beli harus memiliki BPKB sebelum berpindah tangan menjadi milik Anda. Selain itu, Anda juga harus mencocokkan surat-surat tersebut. Jangan sampai apa yang tertera pada dokumen berbeda dengan spesifikasi mobil tersebut.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved