Breaking News:

Beredar Wacana Pembubaran MUI, Pak Uu: Kami Tersinggung, MUI Partner Pemerintah

Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengatakan sangat tersinggung dengan adanya wacana untuk membubarkan MUI

(Foto: Yana Imisiana/Biro Adpim Jabar)
Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum saat memberikan arahan kepada Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah SMA/SMK se-Kota Sukabumi di Aula SMA Negeri 3 Kota Sukabumi, Senin (22/11/2021). 

Laporan Wartawan TribunJabar.id, Muhamad Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengatakan sangat tersinggung dengan adanya wacana untuk membubarkan Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Selama ini, katanya, MUI merupakan mitra pemerintah sekaligus pembimbing masyarakat di bidang agama Islam.

"Kami atas nama komunitas pondok pesantren merasa tersinggung dengan pernyataan semacam itu. Karena ulama adalah panutan kami, ulama adalah tempat kami bertanya," kata Uu yang juga Panglima Santri Jabar ini saat ditemui seusai membuka Musyawarah Kerja Daerah MUI Jabar di Lingga Hotel Bandung, Rabu (24/11/2021).

Baca juga: Wagub Uu Ruzhanul Ulum Cek PTM SMAN 3 Depok, Wajibkan Prokes Meskipun Kasus Covid-19 Landai

Ia mengatakan selama ini MUI menjadi mitra pemerintah, di antaranya dalam mengeluarkan fatwa. Ia mengatakan fatwa yang dikeluarkan oleh MUI dijadikan salah satu rujukan payung hukum masyarakat saat melaksanakan muamalah.

"Termasuk vaksin kemarin, kalau tidak ada majelis ulama di Jawa Barat, bagaimana menyampaikan kepada umat tentang halalnya vaksin," katanya.

Produk-produk UMKM yang sekarang sedang digenjot oleh Pemprov Jabar, katanya, jika tidak ada legalisasi halal dari MUI, masyarakat akan kebingingan dengan kehalalannya.

"Nanti tidak laku karena umat bingung. Tapi dengan ulama, semua teratasi. Masih banyak fungsi-fungsi ulama yang sudah dirasakan," katanya.

Ia pun meminta konten atau postingan di media sosial yang menyudutkan dan mewacanakan pembubaran MUI, agar segera dicabut. Hal ini dinilai sudahmerusak tatanan kehidupan masyarakat.

"Mohon dicabut sekarang, yang sedang beredar di medsos, pertanyaan setuju dan tidaknya dibubarkan MUI itu," katanya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved