Alasan Yana Cadas Pangeran Tersangka Tapi Tidak Ditahan, Polisi Ungkap Motif Sebenarnya

Yana pria yang dikabarkan hilang misterius di Cadas Pangeran tapi bohong ditetapkan sebagai tersangka tapi tidak ditahan. Polisi ungkap motif Yana

Penulis: Kiki Andriana | Editor: Mega Nugraha
Tribun Jabar/ Kiki Andriana
Kepolisian Resor Sumedang menggelar konferensi kasus Yana yang sempat dilaporkan hilang di Cadas Pangeran, Senin (22/11/2021). 

Laporan Kontributor TribunJabar.id Sumedang, Kiki Andriana

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Yana pria yang dikabarkan hilang misterius di Cadas Pangeran tapi bohong ditetapkan sebagai tersangka tapi tidak ditahan. Polisi ungkap motif Yana berbuat nekat.

Kombes Pol Erdi A Chaniago, Kabid Humas Polda Jabar menerangkan Yana pura-pura dianiaya di Cadas Pangeran karena motif masalah pekerjaan dan masalah keluarga.

Namun, kata Kombes Pol Erdi A Chaniago, sesungguhnya Yana sendiri mash memiliki banyak waktu untuk menyelesaikan permasalahan itu. 

Baca juga: Amalia Kasus Subang Sempat Tulis Status WhatsApp Bernada Sindiran hingga Pengakuan Danu

"Sejatinya kedua masalah itu bisa diselesaikan secara kekeluargaan. Namun, Yana memilih jalan lain," kata Erdi A Chaniago saat konferensi pers di Mapolres Sumedang, Senin (22/11/2021). 

Erdi mengatakan, di zaman kiwari, persoalan pribadi, keluarga, persoalan usaha dan pekerjaan bisa menjadi konsumsi publik. 

Hal itu terkait erat dengan kemajuan zaman yang semakin serba digital. Seperti yang dilakukan Yana. Niat hanya untuk membohongi istri, ternyata menghebohkan masyarakat se-Indonesia. 

"Kita mesti bijak dalam bermedia sosial," kata Erdi. 

Baca juga: SOSOK AL, Suami Sadis yang Tega Siram Air Keras pada Istrinya di Cianjur, Selalu Berkupluk

Yana sempat dinyatakan hilang di Cadas Pangeran setelah mengirim pesan suara kepada istrinya. Pesan itu mengatakan bahwa Yana dianiaya orang yang turut menumpang sepeda motornya dari Simpang, Pamulihan. 

Setelah dicari tim SAR gabungan di jurang Cadas Pangeran, Yana malah ditangkap polisi di sekitar Kadipaten, Majalengka, setelah sebelumnya seperti orang linglung ke Cirebon. 

Senin ini, oleh polisi Yana ditetapkan sebagai tersangka kasus kebohongan hilangnya di Cadas Pangeran.

Yana Tidak Ditahan

Yana turut dihadirkan di Mapolres Sumedang saat ungkap kasus hilang misterius di Cadas Pangeran tapi bohong itu.

Pantauan TribunJabar.id, saat memasuki Aula Tribrata Polres Sumedang, pria yang berprofesi sebagai staf di salah satu Kantor Notaris di kawasan Sumedang Kota tersebut  tampak mengenakan kemeja berwarna biru muda dengan pengawalan ketat sejumlah petugas.

"Yang bersangkutan telah ditetapkan sebagai tersangka, " ucap Kabid Humas Polda Jabar Kombes Erdi A Chaniago saat konferensi pers di Mapolres Sumedang, Senin (22/11/2021). 

Erdi mengatakan, penetapan tersangka terhadap Yana ini lantaran diduga telah membuat kegaduhan publik dengan membuat pesan suara seolah-olah menjadi korban penganiayaan 

"Dia jadi tersangka karena membuat kegaduhan di masayarakat," tuturnya. 

Atas perbuatan itu, lanjut Erdi, tersangka Y dijerat dengan Pasal 14 ayat (2) UU RI Nomor 1/1964 tentang peraturan hukum pidana. 

"Kami tidak melakukan penahanan terhadap pelaku,  mengingat ancaman hukuman yang dikenakan kurang dari 5 tahun dan bukan merupakan  pasal pengecualian. Yang bersangkutan wajib melapor setiap hari," kata Erdi, menambahkan.

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved