Breaking News:

Kabar Gembira Bagi Wisatawan, Pemkab Sumedang Segera Uji Coba Pembukaan Destinasi Tempat Wisata

Kabar gembira bagi para pelancong yang ingin berwisata ke Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Penulis: Kiki Andriana | Editor: Darajat Arianto
TRIBUNJABAR.ID/KIKI ANDRIANA
Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir saat memberikan keterangan kepada TribunJabar.id, di Eco Green Park Kampung Karuhun, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Rabu (6/10/2021). 

Laporan Kontributor TribunJabar. Id Sumedang, Kiki Andriana

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Kabar gembira bagi para pelancong yang ingin berwisata ke Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Pasalnya, meski masih menyandang status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3, Pemerintah Kabupaten Sumedang bakal segera melakukan uji coba pembukaan sektor pariwisata

Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir, menuturkan, berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri), Kabupaten Sumedang diperbolehkan untuk melakukan uji coba pembukaan sektor pariwisata

"Saya berharap, ini menjadi awal kebangkitan bagi pelaku usaha pariwisata di Sumedang. Saya minta para pelaku usaha pariwisata dapat memanfaatkannya dengan sebaik mungkin,” kata Dony Ahmad Munir saat ditemui TribunJabar.id, di Eco Green Park Kampung Karuhun, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Rabu (6/10/2021). 

Selain itu, kata Dony, pihaknya meminta kepada para pelaku usaha pariwisata di Sumedang untuk menerapkan aplikasi PeduliLindungi.

Menurut Dony, penerapan aplikasi PeduliLindungi merupakan upaya tracing bagi pengunjung destinasi wisata untuk mencegah penyebaran Covid-19. 

"Saya meminta para pelaku usaha pariwisata, harus disiapkan aplikasi PeduliLindungi, dan sarana prasarana protokol kesehatan pencegahan Covid, " ujarnya. 

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Sumedang, Nana Mulyana menyebutkan, hingga saat ini sebanyak 20 destinasi wisata di Sumedang telah mengantongi sertifikat CHSE (Cleanliness, Health, safety, and Environmental Sustainability)

Menurutnya, sertifikat CHSE adalah sertifikat yang diberikan kepada usaha pariwisata, destinasi pariwisata, dan produk layanan pariwisata untuk memberikan jaminan kepada wisatawan terhadap kelayakan pelaksanaan kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan kelestarian lingkungan. 

"Hingga saat ini, ada 20 destinasi wisata di Sumedang telah mengantongi sertifikat CHSE, namun hanya 10 destinasi wisata dulu yang akan dilakukan uji coba beroperasi, " katanya.  (*)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved