Breaking News:

Masuk Musim Hujan BPBD Garut Ingatkan Warga di Dua Kecamatan Ini Waspadai Bencana Longsor

Ada sejumlah wilayah di Garut selatan yang merupakan daerah rawan longsor.

Penulis: Sidqi Al Ghifari | Editor: taufik ismail
Tribun Jabar/Sidqi
Titik longsor Cisewu-Talegong hingga kini dalam upaya normalisasi. 

Laporan Kontributor Tribunjabar.id Garut, Sidqi Al Ghifari

TRIBUNJABAR.ID, GARUT - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut ingatkan masyarakat untuk waspada terhadap bencana longsor yang bisa saja terjadi karena Garut sudah mulai memasuki musim hujan.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Garut Satria Budi mengatakan kewaspadaan masyarakat harus ditingkatkan terutama masyarakat yang berada di lokasi rawan longsor seperti di kawasan Kecamatan Cisewu dan Kecamatan Talegong.

"Kami imbau masyarakat jika hujan deras segera mencari tempat yang aman, atau jika ada potensi longsor segera laporkan ke aparatur desa setempat, terutama di kawasan Cisewu dan Talegong," ujarnya saat dihubungi Tribunjabar.id, Selasa (14/9/2021).

Kewaspadaan tersebut menurutnya harus menjadi perhatian bagi masyarakat sekitar karena di awal Januari tahun 2021 longsor pernah terjadi di enam titik salah satunya longsor yang merobohkan jembatan Citalegong, jembatan yang menghubungkan antara Kecamatan Cisewu dan Talegong.

Budi menjelaskan pihaknya akan mengundang seluruh camat dalam rapat virtual untuk membahas pencegahan bencana dalam memasuki musim hujan.

Turunnya hujan hari ini di beberapa wilayah di Garut menurutnya menjadi kabar baik lantaran beberapa pekan yang lalu ada 11 kecamatan di Kabupaten Garut yang mengalami kekeringan.

"Alhamdullilah ini kabar baik hujan turun semoga berkah dan tidak membawa bencana apapun, apalagi kemarin kami sempat khawatir karena ada sejumlah kecamatan yang mengalami kekeringan," ujarnya.

Baca juga: Ada Doa Minta Hujan Reda, Ada Doa Minta Hujan Turun, Ini Bacaan dalam Bahasa Arab serta Artinya

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved