Breaking News:

Pasca Kebakaran Lapas Tangerang, Kadiv PAS Jabar Intruksikan Tingkatkan Kewaspadaan

Setiap Lapas dan Rutan di Jabar wajib melakukan penggeledahan atau  sidak ke kamar hunian untuk tingkatkan kewaspadaan

Penulis: Nazmi Abdurrahman | Editor: Siti Fatimah
ilham rian pratama/tribunnews
Kondisi di Lembaga Pemasyarakatan atau Lapas Kelas I Tangerang, Banten yang terbakar pada Rabu (8/9/2021) dini hari. (ilham rian pratama/tribunnews) 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Mengantisipasi tejadinya peristiwa kebakaran seperti di Lapas Kelas I Tangerang membuat Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) Jawa Barat meminta setiap lapas dan rutan di Jabar meningkatkan kewaspadaan.

Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadiv PAS) Kemenkum HAM Jabar, Taufiqurakhman mengatakan, pihaknya sudah memerintahkan kepala unit pelaksana teknis pemasyarakatan di lingkungan Kemenkum HAM Jabar agar melakukan langkah-langkah peningkatan kewaspadaan, terutama dalam penggunaan alat elektronik.

Baca juga: KEBAKARAN LAPAS TANGERANG, Satu Orang Asal Sukabumi Jawa Barat, Dilarikan ke RS, Ini Kondisinya

"Melakukan pemeriksaan dan pembenahan jaringan listrik yang bekerjasama dengan PLN setempat yaitu merapihkan kabel dan pastikan alat yang mengandung unsur listrik dan api dalam keadaan layak dan aman dipakai," ujar Taufiqurakhman, saat dihubungi Rabu (8/9/2021).

Fakta lain dari kondisi Lapas Tangerang yang terbakar hebat.
Fakta lain dari kondisi Lapas Tangerang yang terbakar hebat. (Tribunnews.com)

Setiap Lapas dan Rutan di Jabar, kata dia, wajib melakukan penggeledahan atau  sidak ke kamar hunian, memastikan tidak ada benda-benda terlarang seperti penggunaan korek api yang dapat pemicu terjadinya kebakaran.

Baca juga: Fakta Lain Lapas Tangerang yang Terbakar Hebat Memakan Korban, Ternyata Kondisinya Memprihatinkan

"Jaringan kabel listrik ilegal di dalam kamar hunian Lapas/Rutan juga harus dipastikan tidak ada," katanya.

Kondisi di Lembaga Pemasyarakatan atau Lapas Kelas I Tangerang, Banten yang terbakar pada Rabu (8/9/2021) dini hari. (ilham rian pratama/tribunnews)
Kondisi di Lembaga Pemasyarakatan atau Lapas Kelas I Tangerang, Banten yang terbakar pada Rabu (8/9/2021) dini hari. (ilham rian pratama/tribunnews) (ilham rian pratama/tribunnews)

Selain itu, Taufiqurakhman pun memerintahkan agar petugas rutin melakukan kontrol, keliling blok hunian dan tidak meninggalkan tempat tugasnya sebagai langkah antisipasi.

"Kalapas/Karutan memerintahkan pejabat dan petugas pengamanan di regu jaga memahami dan mengerti penggunaan anak kunci pada blok hunian sebagai langkah gerak cepat dalam pembukaan gembok kamar hunian," katanya. 

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved