Breaking News:

Mengenal Ayam Elba yang Berbulu Cantik Piaraan Para Wanita di Sumedang, Mampu Bertelur Ratusan Butir

Di Sumedang, para wanita tani memelihara ayam elba yang cantik bulu-bulunya dan memiliki produktivitas telur yang tinggi. 

Penulis: Kiki Andriana | Editor: Darajat Arianto
TRIBUNJABAR.ID/KIKI ANDRIANA
Anak muda yang bernaung di bawah Kelompol Tani Wanita (KWT) Puspa Kenanga mempersiapkan kandang ayam elba, di Desa Cibunar, Rancakalong, Sumedang. Ayam elba siap bertelur itu disuplai oleh LPPM Institut Teknologi Bandung (ITB). 

Laporan Kontributor TribunJabar.id Sumedang, Kiki Andriana.

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG -

 Telur ayam merupakan sumber protein yang baik bagi para pengonsumsinya. Tak mengherankan, jika banyak orang memelihara ayam untuk diambil telur-telurnya. 

Di Rancakalong, Sumedang, para wanita-wanita tani memelihara ayam yang cantik bulu-bulunya. Corak bulu beragam dengan warna-warna yang tegas membuat betah untuk memandang ayam lama-lama. 

Ayam itu adalah jenis kampung elba. Selain warna yang cantik sebagaimana ayam hias, elba memiliki produktivitas telur yang tinggi. 

Dikutip dari website Balai Besar Pelatihan Peternakan Kupang, seekor ayam elba dapat bertelur sebanyak 300 butir per tahun. Yang lebih unik lagi, ayam betina itu tidak mengeram. 

Sejarahnya, ayam itu dibawa oleh seorang bernama Lala dari Jeddah, Arab Saudi ke Dusun Batikan Indonesia. Nama el pada kata elba ada adalah Lala, dan ba untuk Batikan.

Elba adalah ayam jenis buff leghorn yang karena kecantikan bulu-bulunya, juga digemari di belahan dunia lain seperti Inggris, Denmark, Amerika, dan Australia. 

"Kelompk Wanita Tani Hanjuang Bungur memelihara ayam itu sejak day one chick. Diberi pakan dengan pakan-pakan yang diusahakan sangat murah," kata Yuyum Nurjamilah (60), penggerak KWT Hanjuang Bungur, Minggu (29/08/2021) di Desa Rancakalong, Kecamatan Rancakalong, Sumedang. 

Bukan hanya KWT Hanjuang Bungur, namun juga kelompok lainnya memelihara ayam yang sama. Tujuannya adalah diambil telurnya untuk dikonsumsi dan sebagian ditetaskan kembali menggunakan mesin penetas telur

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved