Breaking News:

Pesan Semangat di Masa Pandemi Dengan Pengibaran Bendera Merah Putih Raksasa di Batu Tumpang

Sejumlah pemuda dari tim Bhineka Tunggal Ika mengibarkan bendera merah putih raksasa di tebing Batu Tumpang Kecamatan Banjarwangi Kabupaten Garut

Penulis: Sidqi Al Ghifari | Editor: Darajat Arianto
Dok Tim Bhineka Tunggal Ika
Pemuda yang tergabung dalam tim Bhineka Tunggal Ika mengibarkan bendera merah putih raksasa di tebing Batu Tumpang Kecamatan Banjarwangi Kabupaten Garut, Jawa Barat, Selasa (17/8/2021). 

Laporan Kontributor Garut Tribunjabar.id, Sidqi Al Ghifari

TRIBUNJABAR.ID, GARUT - Sejumlah pemuda yang tergabung dalam tim Bhineka Tunggal Ika mengibarkan bendera merah putih raksasa di tebing Batu Tumpang Kecamatan Banjarwangi Kabupaten Garut, Jawa Barat, Selasa (17/8/2021).

Koordinator tim Bhineka Tunggal Ika Femi Helmiaji mengatakan prosesi pengibaran itu dilakukan oleh enam orang pemanjat sebagai peringatan Hari Ulang Tahun ke-76 Republik Indonesia.

"Bendera yang dikibarkan hari ini berukuran 10x7 meter di ketinggian tebing kurang lebih 70 meter, sebagai penghormatan dan peringatan hari ulang tahun Republik Indonesia," ujarnya saat dihubungi Tribunjabar.id.

Femi menjelaskan pengibaran bendera tersebut dilakukan tanpa melibatkan banyak orang dan  tanpa upacara yang hanya dilakukan oleh masyarakat dan pemuda sekitar.

"Kali ini kami tidak melibatkan banyak orang karena memang kondisinya pandemi seperti ini dan pengibaran bendera merah putih ini tidak formal dan hanya dilakukan oleh warga dan pemuda Cikajang saja," ungkapnya.

Menurutnya pembentangan bendera merah putih di tebing Batu Tumpang sebagai pesan semangat bagi masyarakat sekitar dan Garut untuk tetap bisa kuat dalam menghadapi situasi pandemi Covid-19.

"Selain untuk merawat rasa nasionalisme, pembentangan bendera ini juga sebagai pesan dan support untuk mengangkat mental masyarakat di masa pandemi," ucapnya.

Lokasi tebing Batu Tumpang setiap tahunnya menjadi spot khusus untuk pembentangan dan pengibaran bendera merah putih raksasa pada hari ulang tahun Republik Indonesia. (*)

Baca juga: Ada Pemasangan Bendera Merah Putih di Kawah Gunung Ciremai Saat HUT RI, Ini Kata Kepala BPBD

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved