Breaking News:

Meski Angkanya Turun, BOR Rumah Sakit di Ciamis Masih yang Tertinggi di Jawa Barat

angka bed occupancy rate ( BOR ) di Ciamis masih tetap tinggi, lebih tinggi di atas rata-rata Jawa Barat dan rata-rata nasional.

Penulis: Andri M Dani | Editor: Tarsisius Sutomonaio

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS- Tingkat keterisian bed di ruang isolasi khusus 5 rumah sakit rujukan Covid-19 menurun saat  PPKM Level 3.

Namun angka bed occupancy rate ( BOR ) di Ciamis masih tetap tinggi, lebih tinggi di atas rata-rata Jawa Barat dan rata-rata nasional.

Bahkan, BOR Ciamis tertinggi dari 27 kabupaten/kota di Jawa Barat. Padahal kondisi BOR rumah sakit rujukan di  Ciamis sudah turun ke angka 68,28%.

“Berdasarkan  sajian data, laju perkembangan kasus di Ciamis menurun. Angka kesembuhan meningkat, tetapi kondisi BOR di Ciamis masih tinggi, di atas rata-rata provinsi dan pusat,” ujar Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra pada rakor evaluasi PPKM Level 3 yang berlangsung di Aula Setda Ciamis, Rabu (4/8/2021).  

Rakor tersebut diikuti unsur Forkopimda Ciamis, Sekda Ciamis H Tatang, pimpinan SKPD. Serta diikuti secara virtual oleh camat dan forkopimcam.

Dengan perpanjangan masa PPKM Level 3 di Ciamis sejak Selasa (3/8) sampai Senin (9/8), ucap Yana, kesadaran dan kedisiplinan masyarakat mematuhi prokes makin meningkat. Harapannya kasus penularan Covid-19 menurun.

Baca juga: PHRI Ciamis Prihatin Aksi Protes PPKM Gan Bonddilie di Bandung, Semoga Tidak Terulang di Daerah Lain

Yana berharap Dinkes Ciamis segera menambah kapasitas bed ruang isolasi khusus di rumah sakit yang menjadi rujukan Covid-19 di Ciamis, baik itu RSUD maupun rumah sakit swasta.

“BOR tersebut dihitung dari jumlah bed yang ada di rumah sakit yang dirujuk pemerintah. Penambahan pusat isolasi terpadu (isoter) tidak berpengaruh pada kondisi BOR,” tambahnya.  

Diharapkan adanya 28 sekolah di 27 kecamatan bisa efektif mengurangi jumlah pasien yang harus dirujuk ke rumah sakit.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved