Breaking News:

Masih Ada Kasus Covid-19, Ini Cara Dapatkan Vitamin dan Obat Bagi Isoman Menurut Epidemiolog Unair

Kemenkes RI telah menyediakan layanan konsultasi dan paket obat gratis bagi masyarakat terkonfirmasi positif Covid-19 yang menjalani isoman.

Editor: Siti Fatimah
(PIXABAY)
Ilustrasi obat 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Rumah sakit saat ini hanya diperuntukkan bagi pasien Covid-19 dengan gejala berat yang membutuhkan perawatan khusus. Mereka yang mengalami gejala ringan disarankan untuk menjalani isolasi mandiri ataunisoman di rumah. Terlebih saat ini, mereka yang isoman juga bisa memperoleh obat dan vitamin

Dikutip dari laman resmi Unair, isolasi mandiri (isoman) biasanya dilakukan oleh masyarakat yang terkonfirmasi positif Covid-19 disertai dengan gejala ringan atau tanpa gejala. 

Meski begitu, masyarakat tetap membutuhkan berbagai vitamin atau obat-obatan guna menjaga kondisi kesehatann mereka.

Baca juga: Obat Ini Diklaim Bisa Turunkan Risiko Kematian Pasien Covid-19, Sudah Dapat Izin Darurat Dari BPOM

Laura Navika Yamani S.Si., M.Si., Ph.D., salah satu epidemiolog Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Airlangga (UNAIR) mengatakan terdapat beberapa cara agar masyarakat mendapat vitamin maupun obat-obatan selama isoman.

Manfaatkan Program Kemenkes

Laura mengatakan, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) telah menyediakan layanan konsultasi dan paket obat gratis bagi masyarakat terkonfirmasi positif Covid-19 yang menjalani isoman.

Hingga saat ini, program tersebut telah tersebar pada beberapa kabupaten atau kota di Pulau Jawa dan Bali.

Dalam menjalankan program itu, tambah Laura, Kemenkes menjalin kerja sama dengan 11 platform telemedicine dan apotek Kimia Farma.

Adapun 11 platform telemedicine tersebut diantaranya Halodoc, YesDok, Alodokter, Klik Dokter, SehatQ, Good Doctor, Klinikgo, Link Sehat, Milvik, Prosehat, dan Getwell.

Selain itu, Kemenkes juga menjalin kerja sama dengan jasa pengiriman SiCepat untuk mengambil paket vitamin dan obat-obatan dari apotek Kimia Farma.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved