Bandung Startup Pitching Day 2021, Dorong Investor Lirik Startup Potensial di Indonesia

SBM ITB kembali menggelar Bandung Startup Pitching Day dan sebanyak 45 Startup dari berbagai industry melakukan presentasi bisnis

Editor: Siti Fatimah
dok.sbm itb
Bandung Startup Pitching Day SBM ITB 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - SBM ITB kembali menggelar Bandung Startup Pitching Day. Agenda tahunan ini memberikan kesempatan kepada start up tidak hanya dari Bandung tapi dari daerah lain di Indonesia.

Seperti diketahui, pitching dalam dunia wirausaha merupakan presentasi secara singkat yang dilakukan oleh pelaku wirausaha untuk bisa menjelaskan bisnis mereka kepada klien, investor ataupun konsumen.

Karena itu, The Greater Hub SBM ITB sebagai inisiator mengungkap bahwa latar belakang kegiatan tahunan ini didasari dalam rangka meningkatkan dan menumbuhkan ekosistem startup  di Indonesia, lalu bertambahnya jumlah startup di Indonesia dan sekitarnya yang memerlukan pendanaan namun akses terbatas, serta sebagai ajang exposure terkait potensi para startups.

Baca juga: Sam Bimbo Dapat Gelar Doktor ITB, Proses Kreatif Kolaborasi Musik dan Lukis Dinilai Unik dan Langka

Pada kegiatan kali ini sebanyak 45 Startup dari berbagai industry melakukan presentasi bisnis dihadapan 34 venture capital, angel investor, inkubator, serta akselerator dalam dan luar negeri.

Untuk kegiatan ini, Thegreaterhub SBM ITB berkolaborasi dengan LPIK ITB, Startup Bandung, Xendit, Startup Grind Bandung, Geek Hunter dan Block71 Bandung.

Entitas terkemuka dari stakeholder ekosistem startup di Bandung yaitu Thegreaterhub SBM ITB, LPIK ITB, Startup Bandung, Xendit, Startup Grind Bandung, Geek Hunter dan Block71 Bandung juga didukung oleh Endeavor dan Coworking Indonesia berkolaborasi untuk menyelenggarakan “Bandung Startup Pitching Day 2021”.

Baca juga: Bantu Cegah Penyebaran Covid-19, Salman ITB Gelar Vaksinasi Massal

Director Business Incubator SBM ITB/LPIK, Dr Dina Dellyana mengatakan, untuk mengembangkan fasilitasnya agar dapat memberikan layanan yang lebih baik dan meningkatkan kolaborasi antara stakeholder ekosistem startup di kota Bandung,

"The Greater Hub SBM ITB menginisiasi kegiatan dengan format “Business Pitching” dengan mempertemukan startup terbaik yang telah lolos seleksi administrasi dengan para investor sehingga diharapkan startup tersebut dapat berkembang menjadi lebih baik kedepannya," katanya belum lama ini.

The Greater Hub SBM ITB sendiri berkolaborasi dengan LPIK ITB yang merupakan Lembaga yang didirikan untuk mendorong pemanfaatan hasil-hasil penelitian di Perguruan Tinggi juga bekerja sama dengan komunitas Startup Bandung yang sudah berdiri sejak tahun 2015 dengan anggota lebih dari 200 startup yang berdomisili di Bandung.

Baca juga: Feeling Ridwan Kamil Ada, Begini Data dari Litbangkes Mengenai Varian Baru Virus Corona di Jabar

Kemudian dengan Startup Grind Bandung sebagai komunitas startup tingat global di bawah program #GoogleForEntrepreneur yang sudah memiliki cabang di lebih 250 kota yang tersebar di 100 negara, salah satunya di Bandung. Lalu dengan Geek Hunter sebagai startup perekrutan kerja khusus IT terkemuka asal Bandung yang berdiri sejak Juli 2013, dan Block71 Innovation Factory yang turut serta membangun ekosistem bisnis di Bandung.

"Kegiatan yang memasuki tahun ketiga ini sendiri bertujuan untuk memberikan peluang pitching bagi startup yang siap tumbuh lebih cepat serta memfasilitasi startup yang berada di seluruh Indonesia yang membutuhkan support pendanaan untuk perkembangan bisnisnya," katanya.

Bukan hanya itu, kegiatan ini dirancang sebagai platform pembelajaran untuk para pemuda, penggemar dunia startup, dan  wirausaha baru.

Baca juga: Alumnus Teknik Kimia ITB Kampanyekan Industri Kima Hijau, Ada Kompetisi Virtual Cheers Run and Ride

Apalagi kegiatan tahunan ini juga sekaligus ajang networking antara sesama startup, venture capital, tamu undangan, dan masyarakat luas yang memiliki ketertarikan dengan startup.

Dari 89 startup yang mendaftarkan diri, terpilih 45 startup terbaik yang memiliki bold idea dengan berbasis teknologi dalam memberikan solusi bagi permasalahan- permasalahan Indonesia.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved