Breaking News:

Cara Olah Daun Cocor Bebek Untuk Sembuhkan Luka, Jerawat Hingga Bisul, Gerus Lalu Oleskan

Tanaman cocor bebek (Bryophyllum pinnatum) ternyata tidak hanya sekedar kembang pengisi indahnya taman. Tapi banyak manfaatnya untuk pengobatan.

Penulis: Andri M Dani | Editor: Mega Nugraha
Tribun Jabar / Andri M Dani
anaman berkhasiat obat, dapat mengatasi berbagai persoalan kesehatan secara murah dan mudah. Salah satunya memanfaatkan daun cocor bebek untuk obat luka, jerawat dan bisul (foto/tribunjabar/andri m dani) 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID,CIAMIS – Tanaman cocor bebek (Bryophyllum pinnatum) ternyata tidak hanya sekedar kembang pengisi indahnya taman. Tidak hanya sekedar menambah indahnya halaman dan pot bunga, namun manfaat cocor bebek, juga banyak.

Cocor bebek, boleh jadi merupakan tanaman yang unik. Daunnya yang hijau, tidak hanya sebagai tempat berlangsungnya fotosintesa. Tetapi di sisi keliling daun, merupakan tempat tumbuhnya tunas-tunas (anakan) untuk berkembang biak.

Baca juga: Manfaat Bayam Brazil, Cegah Gangguan Jantung Hingga Untuk Daya Tahan Tubuh, Disayur Bening juga Enak

Dan yang paling penting, di balik hijaunya daun cocor bebek, ternyata tersimpan banyak khasiat untuk obat tanaman herbal. Di antaranya, manfaat cocok bebek untuk obat luka.

Seperti yang diungkapkan Ir Lili Supriatna (55). Guru mata pelajaran teknik produksi hortikultura (TPH) di SMKN 1 Cipaku Ciamis (SMK rumpun pertanian), beberapa tahun lalu mengalami luka di tangan kirinya karena terjatuh di kolam.

“Luka ada sepanjang 10 cm. Kalau berobat ke dokter atau ke rumah sakit mungkin saja dikaput (dijahit). Tapi saya hanya pakai daun cocor bebek saja. Alhamdulillah dalam seminggu luka sudah kering, dan sembuh,” ujar Lili Supriatna kepada Tribun Jumat (9/7) lalu.

Untuk mengobati luka akibat terjatuh di kolam tersebut menurut Lili ia memanfaatkan daun cocor bebek. Beberapa lembar daun cocor bebek digerus atau ditumbuk sampai halus dan ditambah sedikit air. Kemudian adonan daun cocor bebek yang sudah halus setelah ditumbuk tersebut dibalurkan  bagian yang luka.

“Kalau sudah kering, diganti dengan baluran yang baru. Begitu setiap hari saya lakukan selama semingu. Hasilnya, alhamduliah lukanya sembuh,” katanya sembari memperlihatkan tangan kirinya yang menyisakan bekas luka gara-gara jatuh di kolam tersebut.

Untuk mengantisipasi kalau ada anggota keluarganya yang luka, alumnus Fakultas Pertanian Universitas Siliwangi tersebut selalu nenanam dan merawat cocor bebek di halaman rumahnya di sisi saluran irigasi Cikumetir Jalan Cilulut Kertasari Ciamis tersebut.

Baca juga: Khasiat Kelapa Hijau yang Mendadak Dicari Banyak Orang, Bisa Untuk Kekebalan Tubuh

Dari beberapa literatur online bisa ditelusuri, tanaman itu bisa digunakan sebagai obat luka. Karena daun cocor bebek mengandung zat anti inflamasi dan anti bakteri (antiseptik).  Kandungan yang bisa bermafaat untuk menyembuhkan luka.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved