Breaking News:

Kisah Wawan Sopir Angkot, Sukses Raup Jutaan Rupiah Bikin Pesawat Aeromodelling Belajar dari Youtube

Wawan berhasil membuat model pesawat seperti Sukhoi dan lainnya sehingga dia meraup pundi-pundi rupiah yang membantunya keluar dari himpitan ekonomi

Penulis: Kiki Andriana | Editor: Darajat Arianto
TRIBUNJABAR.ID/KIKI ANDRIANA
Wawan Erawan (30), sopir angkutan kota (angkot) di Sumedang yang kini serius menekuni pembuatan pesawat aeromodelling yang biasa dikendalikan dengan radio control (RC). 

Laporan Kontributor TribunJabar.id Sumedang, Kiki Andriana

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Pada masyarakat modern, pengetahuan bersifat terbuka dan dapat diakses siapa saja. Demikianlah kata Kuntowijoyo, sosiolog terkemuka negeri ini.

Benar saja, hal itu dialami Wawan Erawan (30), sopir angkutan kota atau angkot yang kini serius menekuni pembuatan pesawat aeromodelling yang biasa dikendalikan dengan radio control (RC). 

Kepada siapa warga Dusun Cibulakan RT 01/06, Desa Pasirbiru, Rancakalong, Kabupaten Sumedang ini berguru? Tiada lain hanya kepada channel YouTube yang ditontonnya. 

Di dusunnya yang sunyi senyap itu, dia menduplikasi model pesawat-pesawat buatan Rusia, Sukhoi, dan negara-negara lainnya. Hasilnya? Tentu menjadi pundi-pundi rupiah yang membantunya selamat dari himpitan ekonomi akibat Covid-19 ini.

Memang, sejak awal pandemi merebak ke negeri ini, penghasilan Wawan sebagai sopir angkot mulai turun, dan lama kelamaan semakin tidak bisa diandalkan. 

Baca juga: Tips Sukses Arys Buntara, Ubah Roemah Kentang yang Angker dan Seram Jadi Tempat Kuliner Favorit

Wawan yang sebelumnya sudah punya ketertarikan terhadap pesawat aeromodelling ini, lantas belajar dengan tekun. Yang dia pelajari termasuak bahan pembuatan, detail bentuk dan corak warna, serta mesin.

"Sudah sejak satu tahun lalu, saya bisa merakit secara otodidak dan dengan mencari ilmu dari di tayangan-tayangan YouTube. Waktu belajarnya memang tidak sebentar," katanya ketika disambangi Tribun di kediamannya, Kamis (24/6/2021).

Untuk pembuatan bodi pesawat, Wawan menggunakan bahan polyfoam. Bahan ini adalah lembaran foam plastik yang terbuat dari polystirene berkualitas tinggi. Permukaannya halus, putih dan bersih mengkilat. 

Setelah dipola, lembaran bahan itu dipotong dan disambung-sambungkan menggunakan lem. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved