Breaking News:

Senangnya Petani Milenial di Cimanggung Sumedang Mendapat Ratusan Benih Kopi Arabika dari Disbun

Generasi milenial petani di Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, bersuka ria setelah mendapat benih kopi dari Disbun Jabar.

Penulis: Kiki Andriana | Editor: Giri
Tribun Jabar/Kiki Andriana
Mobilisasi benih kopi arabika dari Balai Benih Dinas Perkebunan Jawa Barat oleh generasi milenial petani di Cimanggung, Sumedang, Selasa (22/6/2021) 

Laporan Kontributor TribunJabar.id Sumedang, Kiki Andriana

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Generasi milenial petani di Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, bersuka ria setelah mendapat benih kopi dari Dinas Perkebunan (Disbun) Jawa Barat. 

Melalui Balai Pengembangan Benih Tanaman Perkebunan (BPBTB) Disbun Jabar, para petani milenial ini bisa memperluas lahan penanaman kopi dengan benih berkualitas. 

Benih yang diterima adalah sebanyak 500 polybag jenis Linie S.

Benih kopi arabika ini disebut-sebut cocok ditanam di kawasan Sumedang.

Para petani milenial di Cimanggung akan menanam benih itu di Blok Sinapeul, Desa Sindanggalih, yang berketinggian 920 meter di atas permukaan laut (MDPL), dan di Blok Babakan Tanjung, Desa Pasirnanjung, di atas ketinggal 800 MDPL.

Di lahan Sinapeul, dua tahun lalu, para petani milenial Cimanggung sudah mulai menanam tanaman kopi.

Ketika itu, benih didapatkan dengan cara membeli.

Digerakkan oleh satu di antara mereka yang mengikuti Program Petani Milenial besutan Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, kini mereka mendapatkan pasokan benih berkualitas dengan gratis.

"Sebuah kegembiraan bisa mendapatkan support dari pemerintah provinsi, terkhusus Dinas Perkebunan Jawa Barat," kata Rohdian Muldiansyah, satu di antara generasi milenial petani di Cimanggung, seusai mobilisasi benih, Selasa (22/6/2021). 

Rohdian berharap kegigihannya berkebun sekaligus mengonservasi lahan di Cimanggung yang mulai rusak, akan dipikirkan juga oleh banyak pemuda di daerahnya. 

"Kalau dicontoh, kami juga masih belajar. Semoga kegiatan berkebun kami dipikirkan juga oleh teman-teman seusia kami yang belum berkebun, agar mereka mau belajar berkebun," katanya.

Baca juga: Menikmati Cerita Sulaeman yang Sederhana, Petani Rancakalong Sumedang Peserta Pameran Kopi Dunia

Kepala BPBTB Disbun Jabar, Dudung A Suganda, mendukung penuh aktivitas perkebunan yang dilakukan oleh petani milenial

"Jangan takut gagal. Saya doakan semoga benihnya tumbuh dengan baik dan menghasilkan," katanya seusai serah terima benih. 

Baca juga: Melihat Petani Milenial Mengolah Kopi Buhun di Rancakalong Sumedang 

UPTD Pertanian Kecamatan Cimanggung juga mengapresiasi para petani milenial yang mengkhususkan diri berkebun kopi itu. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved