Breaking News:

Bandung Barat Kembali Zona Merah, Obyek Wisata Bakal Ditutup Jika Langgar Prokes

Semua obyek wisata di Kabupaten Bandung Barat (KBB) bakal ditutup jika kedapatan melanggar protokol kesehatan selama berstatus zona merah atau risiko

Volume kendaraan di jalur Wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat
Volume kendaraan di jalur Wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat, pada H+4 lebaran 2018 ini sudah mulai mengalami penurunan. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG BARAT - Semua obyek wisata di Kabupaten Bandung Barat (KBB) bakal ditutup jika kedapatan melanggar protokol kesehatan selama berstatus zona merah atau risiko tinggi penyebaran Covid-19.

Sejak Selasa (8/6/2021), wilayah KBB masuk zona merah. Namun, Pemkab Bandung Barat tetap membuka semua obyek wisata karena setiap desa di KBB rata-rata masuk zona hijau.

Baca juga: Imbas Kenaikan Kacang Kedelai, Harga Tempe di Sukabumi Masih Tinggi

Kepala Disparbud Bandung Barat , Heri Partomo mengatakan, terkait zona merah di Bandung Barat, sudah menjadi perhatian terutama terkait penerapan protokol kesehatan di obyek wisata.

"Khususnya bagi para pelaku pariwisata untuk lebih mengetatkan protokol kesehatan. Namun tetap melihat perkembangan data PPKM di KBB sebagai bahan acuan," ujar Kepala Disparbud KBB Heri Pratomo kepada Tribun Jabar melalui pesan singkat, Jumat (11/6/2021).

Heri memastikan jika ada obyek wisata yang melanggar protokol kesehatan seperti jumlah pengunjung melebihi kapasitas, langsung ditutup.

"Tentu saja jika terjadi pelanggaran protokol kesehatan harus ditindaklanjuti sesuai kesepakatan yang pernah dibuat yaitu menutup operasional obyek wisatanya," kata Heri.

Baca juga: Aa Gym Kembali Ajukan Gugatan Cerai ke Istrinya Teh Ninih di Pengadilan Agama Bandung

Pihaknya akan terus mengawasi di setiap obyek wisata untuk memastikan penerapan protokol kesehatan dijalankan dengan baik untuk mencegah penyebaran Covid-19 di wilayah KBB.

Sekretaris Daerah Pemkab Bandung Barat Asep Sodikin mengatakan berdasarkan rapat dengan Disparbud KBB objek wisata tetap dibuka karena berdasarkan hasil evaluasi, tidak ada desa yang masuk zona merah.

"Termasuk di kawasan Lembang, karena di tingkat desa tidak ada zona merah, mayoritas hijau dan kuning," ucapnya.

Atas hal tersebut, pihaknya meminta kepada semua pelaku pariwisata di KBB untuk membatasi jumlah kunjungan maksimal 25 persen dan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat.

Baca juga: Pejabat Pemkab Bandung Barat Kembali Diperiksa KPK, Plt Bupati Hengky Kurniawan Belum Dipanggil

Berdasarkan data dari Satgas Covid-19 KBB kurun waktu 1 sampai 9 Juni 2021 ada penambahan 666 kasus positif COVID-19. Namun angka positif itu juga diikuti dengan jumlah kesembuhan yang mencapai 441 orang.

Pada tanggal 1 Juni terdapat penambahan 71 kasus, 2 Juni dengan 36 kasus, 3 Juni 74 kasus, 4 Juni 72 kasus, 5 Juni 85 kasus, 6 Juni 73 kasus, 7 Juni 76 kasus, 8 Juni 66 kasus, dan 9 Juni dengan penambahan terbanyak mencapai 93 kasus dalam sehari.

Angka kesembuhan sejak tanggal 1 Juni mencapai 50 orang dalam sehari, 2 Juni 60 orang, 3 Juni 31 orang, 4 Juni 39 orang, 5 Juni 39 orang, 6 Juni 28 orang, 7 Juni 42 orang, 8 Juni 82 orang, dan pada 9 Juni sebanyak 70 orang dinyatakan sembuh.

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Mega Nugraha
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved