Breaking News:

Imbas Kenaikan Kacang Kedelai, Harga Tempe di Sukabumi Masih Tinggi

Harga jual tempe di pasar Kota Sukabumi perbatang mencapai Rp 8 ribu, hal itu dampak dari kenaikan kacang kedelai sebagai bahan baku tempe.

Tribun Jabar/Handhika Rahman
Karyawan saat memproduksi tempe di rumah produksi di Desa Kenanga, Kecamatan Sindang, Kabupaten Indramayu, Senin (4/1/2021). 

Laporan Wartawan Trubun Jabar Dian Herdiansyah

TRIBUNJABAR.ID, SUKABUMI - Saat ini harga tempe di pasar Kota Sukabumi perbatang mencapai Rp 8 ribu, hal itu dampak dari kenaikan kacang kedelai sebagai bahan baku tempe.

Seorang penjual tempe di Pasar Gudang Kota Sukabumi, Billy (38) mengatakan, sebelum adanya kenaikan kacang kedelai, harga tempe normal seperti biasa. Namun saat ini harga tempe naik signifikan.

Baca juga: Aa Gym Kembali Ajukan Gugatan Cerai ke Istrinya Teh Ninih di Pengadilan Agama Bandung

"Kemarin sebelum naik itu sekitar Rp 6 ribu perbatangnya, sekarang naik menjadi Rp 8 ribuan," ucapnya, Jumat (11/6/21).

Menurut Billy, Harga yang ia jual sekitar Rp 8 ribu tersebut dikeluhkan pembeli, khususnya oleh penjual sayuran yang biasa membeli di lapak jongko miliknya.

"Keluhan pembeli ada terkait harga jual ada, namun kita juga tidak memaksa untuk membelinya, karena kita tahu harga kacang kedelai mahal. Namun ada saja yang membeli" ucapnya.

Sementara itu, salah satu penjual sayuran Eci (36) merasa bingung dengan naiknya harga tempe saat ini. Biasanya ia jual setengah batang itu kepada konsumen Rp. 4000 kini harus naikan harga lagi.

Baca juga: Cek Nih, 6 Brand Sepatu Lokal Indonesia Berkualitas dan Keren Buat Nongkrong Weekend Ini

"Biasanya kalau kita jual itu kan Rp 4 ribu setengah batangnya, sekarang kalaupun laku kita jual Rp 5 ribu kadang di bawahnya daripada gak laku sama sekali," ucapnya.

Kendati harga di pasar saat ini masih mahal, kata Eci masih ada pembeli yang menanyakannya, namun tidak membeli banyak.

"Pembeli tempe ada, tapi konsumen agak berkurang biasanya beli 3 hingga hingga batang kini 2 batang pun susah terjual," jelasnya.

Penulis: Dian Herdiansyah
Editor: Mega Nugraha
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved