Breaking News:

Polisi Tangkap Pengedar Narkoba di Sukabumi, Amankan 1,2 Kilogram Ganja

Menurutnya, diduga barang haram itu diedarkan oleh D di berbagai wilayah di Kabupaten Sukabumi berdasarkan pesanan, D sudah beraksi sekitar 1 tahun

ilustrasi narkoba 

Laporan Wartawan Tribunjabar.id M Rizal Jalaludin

TRIBUNJABAR.ID, SUKABUMI - Satuan Reserse Narkoba Polres Sukabumi menangkap D (42) pengedar narkoba jenis ganja di Kampung Cikopak Nomor 29 RT 02 RW 09, Desa Kalaparea, Kecamatan Nagrak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Kasat Narkoba Polres Sukabumi AKP Kusmawan mengatakan, penangkapan dilakukan sekitar pukul 06.30 WIB, Selasa (8/6/2021).

Ia menyebut, 1.228 gram atau 1,228 kilo gram ganja diamankan dari tersangka.

"Iya, penangkapan kasus ganja tersebut yaitu ada di daerah utara yang mana itu kita tangkap dengan barang buktinya itu kurang lebihnya sebanyak 1.228 gram, atau kurang lebih dari 1,228 kilo gram. Itu kita dapatkan dari seorang berinisial D dengan menggunakan modus pengiriman barang terhadap konsumennya dengan cara ditempel," ujarnya, Rabu (9/6/2021).

"Saat ini kita sedang pengembangan atas sumber dia mendapatkan barang tersebut dari mana asalnya. Kita sudah bisa menyimpan data-data untuk kita cari dan kita kembangkan, semoga kita masih bisa menemukan dan menangkap pemasok narkota jenis ganja yang masuk ke wilayah Sukabumi ini," jelasnya.

Menurutnya, diduga barang haram itu diedarkan oleh D di berbagai wilayah di Kabupaten Sukabumi berdasarkan pesanan, karena D sudah beraksi sudah sekitar satu tahun, dan barang bukti diamankan cukup banyak.

Baca juga: Polisi Bekuk Penjual Narkoba di Tegalbuleud Sukabumi, Amankan Ribuan Obat Daftar G

"Yang jelas untuk penyebaran dari peredaran yang dilakukan oleh tersangka itu di berbagai wilayah di Kabupaten Sukabumi ini sesuai dengan pemesanan. Si tersangka ini beraksi kurang lebih di atas satu tahun, bukan residivis," katanya.

"Mudah-mudahan kita pun bisa mengungkap tuntas pemasoknya tersebut. Karena kalau kita lihat dari jumlah barang bukti saat ini kita katakan lumayan cukup banyak dengan pengemasannya 34 bungkus, dari 34 bungkus itu kita rinci hitungannya itu kurang lebih 1,146 kilo gram. Di kemasan yang kedua yaitu dikemas dengan bungkus plastik juga masih ada itu sebanyak 14,1 gram," terangnya.

Tak hanya curiga disebarkan ke wilayah lain, ia juga menganalisa wilayah tempat ditangkapnya D dimungkinkan menjadi rutinitas tempat masuknya barang (ganja).

"Sehingga penyimpanan-penyimpanan barang bukti yang begitu banyak ini menurut analisa saya bahwa peredaran narkotika jenis ganja di wilayah tersebut itu cukup banyak peminat. Sehingga tidak menutup kemungkinan pemasok itu ada rutinitas ada kurun waktu untuk memasukan barang tersebut ke wilayah yang saat itu menjadi tempat peredaran gelap yang dilakukan oleh si tersangka yang kita tangkal ini," ucapnya.

Baca juga: Polisi Tangkap 3 Pelaku Peredaran Narkoba di Tegalbuleud Sukabumi, Uang dan Motor Ikut Disita

Akibat perbuatannya, tersangka dikenakan Pasal 114 ayat (2) dan atau pasal 111 (2) UU RI Nomor 35 tahun 2009 Tentang Narkotika.

"Ancaman hukuman dari perbutan yang dilakukan oleh tersangka itu diatas 5 tahun, bisa sampai 10 atau 15 tahun," jelasnya.

Penulis: M RIZAL JALALUDIN
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved