Breaking News:

Diupah Rp 60 Ribu per Hari, Petugas Kebersihan di Karawang Tuntut Upah Naik

Puluhan tenaga harian lepas (THL) yang bertugas sebagai pasukan kebersihan di Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Karawang prote

Tribun Jabar / Cikwan
Puluhan tenaga harian lepas (THL) yang bertugas sebagai pasukan kebersihan di Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Karawang protes tidak adanya kenaikan upah. Mereka menuntut kenaikan upah yang layak dengan UMK Karawang. 

Laporan Kontributor Tribunjabar.id, Karawang, Cikwan Suwandi

TRIBUNJABAR.ID,KARAWANG- Puluhan tenaga harian lepas atau THL yang bertugas sebagai petugas kebersihan di Kabupaten Karawang protes tidak adanya kenaikan upah. Mereka menuntut kenaikan upah yang layak dengan UMK Karawang. 

Para petugas kebersihan ini berada di bawah Dinas Lingkungan Hidup Pemkab Karawang.

Protes pun sempat dilakukan dengan berujukrasa ke gedung DPRD Kabupaten Karawang, Senin (7/6/2021) siang. Namun mereka tidak mogok kerja, sebelum dan sesudah aksi mereka tetap bertugas mengangkut sampah di wilayah Kabupaten Karawanng.

Baca juga: Petani di Bandung Terancam Pidana 10 Tahun Garap Kebun Wortel di Cagar Alam Gunung Papandayan

"Ada 455 orang tenaga kebersihan. Para pengemudi mendapat upah Rp 64.000,- per hari, sedangkan tenaga pengangkut dan penyapu sampah hanya Rp 60.000,- per hari," kata Koordiantor aksi, Endang Sulaeman (33) kepada Tribun Jabar, Senin (7/6/2021).

Endang mengatakan, Pemkab Karawang harus menaikan upah para THL kebersihan, minimal sejajar dengan UMK (upah minimum kabupaten) setempat.

Baca juga: Jerinx Superman Is Dead Bebas, Disambut Istri Nora Alexandria Langsung Pembersihan Diri

Direktur LBH Cakra, Hilman Tamimi menyebutkan, ada dua tuntutan krusial yang disampaikan melalui wakil rakyat, yakni upah layak dan jaminan kesehatan.

Sementara, tuntutan lainnya, seperti alat safety kerja dan peremajaan mobil angkutan sampah, akan disampaikan kemudian. "Kami ingin kenaikan upah petugas kebersihan dibahas secara serius olah para wakil rakyat sejak dari sekarang," ujar Hilman.

Penulis: Cikwan Suwandi
Editor: Mega Nugraha
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved