Breaking News:

Jalan Tembus Kopo - Cibaduyut Kota Bandung Bakal Segera Dibangun Untuk Urai Kemacetan

Jalan baru yang menghubungkan kawasan Kopo ke Cibaduyut akan dibangun Pemkot Bandung.

Tribun Jabar/Nazmi Abdurrahman
Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana di Cipaku. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Jalan baru yang menghubungkan kawasan Kopo ke Cibaduyut akan dibangun Pemkot Bandung.

Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana meninjau lokasi direncanakan akan dijadikan jalan tembus Kopo - Cibaduyut itu, tepatnya di wilayah Bizpark Commercial Estate Bandung, pada Senin (7/6/2021).

Baca juga: Korea Utara Kecam Israel, Ubah Jalur Gaza Palestina jadi Rumah Jagal dan Membantai Anak-anak

Rencana pembangunan jalan tembus Kopo - Cibaduyut ini sudah sempat terungkap pada 2018. Kata, Yana Mulyana, rencana jalan tembus itu bisa terealisasi secepatnya.

"Alhamdulillah sudah ada warga yang menghibahkan tanahnya untuk jalan tembus Kopo - Cibaduyut. Kami (pemkot) hanya sebatas kajian secara regulasi karena seluruh kebutuhan lahannya akan dihibahkan oleh masyarakat itu," ujarnya.

Sebenarnya, lanjut Yana, jalan tembus ini memiliki dua opsi. Yakni bisa melalui Bizpark dan bisa melalui samping Miko Mal.

"Ada dua opsi jalan tembus dan kelihatannya keduanya memungkinkan dilakukan. Jadi, jalan tembus ini menghubungkan dua kecamatan yakni Babakan Ciparay dan Bojongloa Kidul," katanya.

Baca juga: Ceceran Hitam Diduga Minyak Mentah Kembali Cemari Pesisir Pantai Karangsong Indramayu

Ketika disinggung masalah kendala yang dihadapi, Yana menegaskan sejauh ini belum ada kendala apapun. Lantaran lahan yang bakal dijadikan jalan tembus di wilayah Bizpark sudah terkuasai oleh warga yang hendak menghibahkan lahannya ke pemkot.

"Yang terpenting dari sisi regulasi rencana tata ruang wilayah (RTRW)  (rencana tata ruang wilayah ) dan rencana detail tata ruang (RDTR) juga perencanaan. Kalau detail engineering design (DED) sudah ada. Kami sih berharap bisa lebih cepat terealisasi jalan tembusnya. Semoga tahun ini agar manfaatnya bisa langsung dirasakan warga," ujarnya.

Direktur Central Internasional Property Bizpark, Ruli, jadi salah satu warga yang menghibahkan tanahnya untuk jalan tembus Kopo - Cibaduyut. Dia juga menyebut terus ikuti arahan dari pemkot terkait pembuatan jalan tembus.

Baca juga: Robert Alberts Soroti Penyelesaian Akhir Persib Bandung, Begini Komentar Erwin Ramdani

"Ya semoga jalan tembus nanti bisa mengurai kemacetan di Cibaduyut atau Kopo. Lahan di Bizpark sudah bebas. Tapi kalau yang sebelah Miko Mal kami belum berani melangkah karena harus tunggu arahan Pemkot Bandung," katanya.

Ruli menyebutkan untuk lahan tembus dari Bizpark nanti hanya tinggal membuka tembok dan membangun jalan. Rencananya, jalan tersebut memiliki panjang sekitar 1,55 kilometer. (*)

Penulis: Muhamad Nandri Prilatama
Editor: Mega Nugraha
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved