Breaking News:

Airlangga Hartarto - Ridwan Kamil Bisa jadi Capres - Cawapres di Pilpres 2024

Airlangga Hartarto dan Ridwan Kamil dimungkinkan maju sebagai calon presiden dan calon wakil presiden di Pilpres 2024.

Istimewa
Airlangga Hartarto - Ridwan Kamil dalam pertemuan internal di Hotel Intercontinental Bandung 

Laporan Wartawan TribunJabar.id, Muhamad Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Airlangga Hartarto dan Ridwan Kamil dimungkinkan maju sebagai  capres dan cawapres di Pilpres 2024.

Hal itu dikatakan pengamat politik dari Universitas Padjajaran (Unpad) Firman Manan menanggapi pertemuan internal Airlangga Hartarto dan Ridwan Kamil di Hotel Intercontinental, Bandung, Sabtu, (5/6/2021)

"Sangat mungkin mereka berpasangan di Pilpres 2024 walaupun ini waktunya masih sangat panjang. Karena Pak Airlangga Hartarto sebagai Ketua Umum Golkar maka tentu harus mencari figur di luar Golkar kan. Yang pertama bisa dari partai lain, yang kedua memang orang nonpartai tetapi punya tingkat elektabilitas yang cukup tinggi, paling tidak dikenal oleh publik," ujar Firman Manan saat dihubungi Tribun Jabar, Sabtu, (5/6/2021).

Baca juga: Jerinx Bebas Murni Pekan Depan, Nora Alexandria: Sampai Jumpa Segera Suami

Firman Manan menyebut pertemuan antara Airlangga dan Ridwan Kamil ini tidak bisa dilepaskan dari agenda politik 2024. Menurutnya, pertemuan tersebut juga bisa dinilai sebagai penjajakan awal dari kedua tokoh yang digadang-gadang akan maju sebagai kandidat Capres 2024.

"Sehingga memang tidak bisa dilepaskan saya pikir pertemuan ini dari konteks 2024. Dan paling tidak ini memang upaya untuk membangun komunikasi kemungkinan-kemungkinan yang terjadi terkait dengan kandidat-kandidat yang punya peluang untuk kemudian diusung oleh Golkar pada 2024," kata Firman Manan.

Baca juga: Bahan Baku Tanah Liat Untuk Genting Jatiwangi yang Termasyur itu Sudah Menipis

Firman menilai peluang kedua tokoh ini berpasangan dalam Pilpres 2024 akan lebih besar jika Ridwan Kamil menjadi kader partai lain. Paling tidak yang bisa menggenapkan agar bisa 20 persen kursi di DPR RI.

Selain itu, pasangan ini bisa terwujud jika elektabilitas Airlangga dan Ridwan Kamil semakin tinggi. Karena bagaimana pun, katanya, perhitungan partai dalam mengusung capres dan cawapres selalu soal elektabilitas.

Baca juga: Tiga Negara Asia Masih Tertutup untuk Pekerja Migran Indonesia, Ternyata Ini Alasannya

"Nah kalau itu terjadi polanya, kemudian ternyata pak Airlangga Hartarto dan Kang Emil itu paling tidak ukurannya melalui survei-survei itu semakin tinggi tingkat popularitas dan elektabilitas, itu juga membuka peluang untuk kemudian ada partai yang mau bergabung dengan Golkar untuk kemudian mengusung pasangan ini," katanya.

Airlangga Hartarto dalam kapasitas sebagai Ketua Umum Partai Golkar sehari sebelumnya pada Jumat (4/6) melakukan kunjungan kerja di Kota Bandung dan Kabupaten Bandung. Airlangga terpantau mendatangi pabrik tenun untuk berdialog dengan pelaku usaha kecil dan Menengah di Majalaya serta mendatangi pabrik sepeda lokal Kreuz di Kota Bandung.

Baca juga: BARU SAJA, Gempa Bumi Tektonik Guncang Sukabumi Jawa Barat, BKMG Sebut Gempa Darat dan Dangkal

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved