Breaking News:

Konflik Palestina Vs Israel

Roket-roket Hamas Palestina 'Jadul' Tapi Sukses Bongkar Kelemahan Iron Dome Israel yang Canggih

Konflik berdarah Israel Palestina Mei 2021 ini telah mengungkap kelemahan sistem pertahanan Israel yang dikenal sebagai Iron Dome atau Kubah Besi.

Penulis: Adi Sasono
Editor: Kisdiantoro
Menahem KAHANA / AFP
Tentara Israel menembakkan howitzer self-propelled 155mm ke Jalur Gaza dari posisi mereka di dekat kota selatan Israel Sderot pada 13 Mei 2021. Israel menghadapi konflik yang meningkat di dua front, berjuang untuk memadamkan kerusuhan antara orang Arab dan Yahudi di jalan-jalannya sendiri setelah berhari-hari baku tembak dengan militan Palestina di Gaza. 

TRIBUNJABAR.ID - Konflik berdarah Israel Palestina Mei 2021 ini telah mengungkap kelemahan sistem pertahanan Israel yang dikenal sebagai Iron Dome atau Kubah Besi.

Tewasnya 10 warga sipil Israel akibat terkena roket Qassam bikinan Hamas adalah bukti nyata Iron Dome yang dikenal canggih pun punya celah.

David Hambling, kontributor masalah pertahanan di Forbes, menyebut secara umum Iron Dome sudah sukses mengurangi dampak serangan roket Brigade Al-Qassam, sayap militer Hammas, di Gaza.

Tetapi, faktanya, banyak pula roket yang berhasil menembus sistem pertahanan Iron Dome yang sudah dikenal efektif itu. Bahkan, roket Hamas itu sudah menewaskan beberapa warga sipil Israel.

Baca juga: Ini Alasan Negara-negara Arab Diam Dalam Konflik Israel dan Palestina, Kata Dosen HI UMY

Dikutip Dailymail, IDF menyebut setidaknya 3.100 roket ditembakkan dari Gaza sejak Senin (11/5/2021). Ini jumlah terbanyak sejak konflik bersenjata Palestina - Israel.

Namun, dari jumlah itu, hanya sekitar 1.000 roket yang bisa dihadang dan ditembak sebelum mencapai sasaran. Sisanya, sebagian besar jatuh mengenai sasaran permukiman sipil dan sisanya meleset.

Akibat serangan roket Hamas itu, 10 warga Israel tewas dan 200 lain luka.

Menurut Hambling, ada kelemahan dalam sistem Iron Dome, yaitu belum diketahui 'titik saturasi' untuk berapa jumlah maksimum roket yang bisa diurus dalam satu waktu.

Namun belum jelas juga, berapa jumlah maksimal roket yang bisa dicegat Iron Dome dalam satu waktu.

Artinya, kapasitas sistem pertahanan Iron Dome akan terlampaui, apabila roket yang ditembakkan dari Gaza terlalu banyak.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved