Breaking News:

Amerika Serikat dan Ceko Bertatus Negara yang Tidak Bersahabat bagi Rusia, Ini Penyebabnya

Amerika Serikat dan Republik Ceko masuk daftar status negara yang tidak bersahabat yang dikeluarkan Rusia.

Vladimir Putin, Presiden Rusia. Rusia menganggap Amerika Serikat dan Republik Ceko sebagai negara yang tidak bersahabat. (AFP PHOTO/MIKHAIL KLIMENTYEV) 

TRIBUNJABAR.ID, MOSKWAAmerika Serikat dan Republik Ceko masuk daftar status negara yang tidak bersahabat yang dikeluarkan Rusia.

Moskwa juga mengumumkan bahwa misi diplomatik AS tidak dapat lagi mempekerjakan staf lokal sementara misi diplomatik Ceko dapat mempekerjakan staf lokal maksimal 19 orang.

Sebelumnya, Rusia mengumumkan larangan AS mempekerjakan staf lokal pada bulan lalu sebagai bagian dari pembalasannya atas sejumlah sanksi yang dijatuhkan Washington kepada Moskwa.

AS menjatuhkan sanksi bertubi-tubi kepada Rusia karena dituduh ikut campur dalam pilpres 2020 dan keterlibatannya dalam peretasan terhadap lembaga-lembaga penting AS.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Maria Zakharova, mengatakan, AS memiliki waktu hingga 1 Agustus untuk memenuhi persyaratan baru tersebut.

Hubungan antara Rusia dan Ceko memanas bulan lalu ketika Praha menuduh intelijen militer Moskwa berada di balik ledakan di sebuah depot amunisi pada 2014.

Setelah membuat tuduhan tersebut, Ceko juga mengusir puluhan staf diplomatik Rusia sebagaimana dilansir The Guardian, Jumat (14/5/2021).

Rusia menolak tuduhan tersebut dan membalas dengan mengusir diplomat Ceko.

Tak cukup sampai di situ, Rusia juga memerintahkan Ceko untuk memecat sebagian besar staf lokalnya di Moskwa.

Kementerian Luar Negeri Ceko menyesalkan langkah terbaru dari Rusia tersebut.

Ceko menganggap langkah rusia tersebut kontra dengan upaya pemulihan hubungan, tidak hanya dengan Republik Ceko tetapi juga dengan Uni Eropa dan sekutunya.

"Ini benar-benar bertentangan dengan konvensi Wina tentang hubungan diplomatik,” kata Kementerian Luar Negeri Ceko.

“Terutama komitmen penandatangan yang memungkinkan berfungsinya misi diplomatik berdasarkan prinsip tanpa diskriminasi antara masing-masing negara," sambungnya.

Kedutaan Besar AS di Praha menulis di Twitter mereka dengan bangga membersamai Ceko. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resmi, Rusia Anggap AS dan Ceko Negara Tak Bersahabat", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/global/read/2021/05/15/180940570/resmi-rusia-anggap-as-dan-ceko-negara-tak-bersahabat?page=all#page2.

Editor: Giri
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved