Breaking News:

Penjelasan Kapolres Cianjur Mengenai Jebolnya Pos Penyekatan di Ciloto Puncak oleh Ribuan Pemudik

Ini penjelasan Kapolres Cianjur mengenai jebolnya pos penyekatan di Ciloto, Puncak, oleh ribuan pemudik.

Penulis: Ferri Amiril Mukminin
Editor: taufik ismail
Istimewa
Momen saat pemudik menjebol pos penyekatan di Cianjur saat malam Idulfitri. 

TRIBUNJABAR.ID, CIANJUR - Pos penyekatan Seger Alam Puncak Cianjur perbatasan Bogor jebol oleh ribuan pemudik bersepeda motor, Kamis (13/5/2021) dini hari.


Para pemudik yang mengendarai motor yang melintas pos penyekatan rest area Seger Alam, Ciloto Puncak Cipanas itu sudah terpantau sejak, Rabu (12/5/2021) sekitar pukul 23.00 WIB.


Petugas gabungan yang berjaga terlihat kewalahan untuk melakukan pemeriksaan ataupun memutar balik para pemudik yang sebagian besar berasal dari arah Jakarta menuju Cianjur.


Beberapa pengendara sempat berusaha menurunkan garis pembatas, namun diperingatkan petugas agar tetap pada antrean untuk pemeriksaan.


Tetapi pengendara yang sudah tak sabar kemudian memprovokasi pengendara lainnya untuk menerobos pembatas hingga akhirnya ribuan pemudik lolos.


Kapolres Cianjur AKBP Mochamad Rifai, mengatakan jebolnya ribuan pemudik bersepeda motor itu karena tidak sebandingnya jumlah personel gabungan dengan pemudik.


"Sekitar pukul 01.30 WIB, volume kendaraan terus bertambah dan antrean panjang kendaraan dari arah Bogor menuju Cianjur pun tak dapat dihindarkan. Kami sudah berusaha melakukan penyekatan dan pemeriksaan, namun volume kendaraan dan pemudik yang masuk sudah membeludak," kata Rifai, Jumat (14/5/2021).


Rifai mengatakan membeludaknya pemudik di pos penyekatan Cianjur diduga lantaran pemudik di daerah sebelumnya sudah sudah tidak terbendung.


Pasalnya sejak awal penyekatan dilakukan volume pemudik tidak banyak dan masih bisa ditangani petugas.


"Pemudik tersebut rata-rata dari Jakarta, kemungkinan dari penyekatan sebelumnya di daerah lain tidak terbendung juga dan ada yang lolos," katanya.


Pantauan hari ini di pos penyekatan Citarum Haurwangi di mana arus balik mulai meningkat yang masuk ke wilayah Cianjur.


Kendaraan didominasi oleh roda empat dan sesekali rangkaian kendaraan roda dua.


Banyak pemudik memilih untuk beristirahat terlebih dahulu di warung kopi dan kuliner cingcau untuk menunggu petugas dan pos penyekatan lengang.

Baca juga: Niat Silaturahmi Lebaran Berakhir Duka, Tiga Orang Tewas, Motor Alami Kecelakaan Maut di Sumedang

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved