Breaking News:

Jawa Barat Raih Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) 2021, Akses Pendidikan dan Kesehatan Membaik

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mengatakan penghargaan ini mencerminkan bahwa perencanan dan proses yang baik

Tribun Jabar
Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat menghadiri acara Data Science Weekend (DSW) via konferensi video di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Minggu (28/3/2021). 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG- Jawa Barat menjadi provinsi terbaik kedua dalam ajang Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) 2021 yang diselenggarakan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional RI atau Bappenas. Kategori yang dinilai adalah perencanaan dan pencapaian pembangunan.

Bersama Sumatera Barat di peringkat pertama dan Bengkulu di posisi ketiga, Jawa Barat dianggap berhasil menyiapkan perencanaan berkualitas dalam membangun daerah dengan lebih baik.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mengatakan penghargaan ini mencerminkan bahwa perencanan dan proses yang baik yang selama ini dilakukan Pemerintah Provinsi Jabar, akan menghasilkan pencapaian dan hasil yang baik pula.

"Alhamdulillah, Jawa Barat menjadi salah satu provinsi terbaik bersama Sumbar dan Bengkulu dalam meraih penghargaan tertinggi untuk perencanaan dan pencapaian pembangunan dari Bapennas kemarin," kata Gubernur di Bandung, Rabu (5/5/2021).

Penghargaan ini, katanya, didedikasikan kepada berbagai pihak yang ikut mengawal proses perencanaan pembangunan di Jawa Barat. Di antaranya adalah DPRD Jawa Barat dan Bappeda Jabar.

Baca juga: Cepat Tangani Kasus Kekerasan Perempuan dan Anak, Polresta Cirebon Raih Penghargaan dari TRC PPA

"Award ini didedikasikan untuk semua pihak yang ikut mengawal proses perencanaan, tim di Bappeda Jabar dan DPRD Jawa Barat. Karena kita membangun superteam, bukan superman," katanya.

Dalam hal ini, untuk aspek pencapaian, Kementerian PPN/Bappenas menilai Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Jabar membaik didukung kebijakan akses pendidikan untuk semua, dan kebijakan desentralisasi layanan kesehatan.

Sementara aspek perencanaan, Jabar dianggap menginisiasi prioritas daerah khusus pada rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) dalam pemulihan Covid-19 didukung aplikasi e-planning Sirampaksekar sebagai wadah pengumpul aspirasi masyarakat. 

Penyerahan penghargaan dilakukan di sela pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2021 dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) yang mengusung tema “Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Struktural," di Jakarta, Selasa (4/5/2021).

Baca juga: Ridwan Kamil Raih Penghargaan atas Pemanfaatan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai

Langganan Penghargaan

Halaman
123
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved