Banyak Wisata Outdoor, Objek Wisata di Bandung Barat Bisa Tetap Buka? Ini Penjelasan Kadisparbud

Banyanya objek wisata di Bandung Barat yang sifatnya outdoor maka dipertimbangkan tempat-tempat ini bisa tetap buka

Penulis: Wildan Noviansah | Editor: Siti Fatimah
tribunjabar/wildan noviansah
ilustrasi- karakteristik objek wisata di Bandung Barat bersifat outdoor atau terbuka 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG BARAT - Pasca pemberitaan ditutupnya objek wisata di Bandung Barat menyeruak, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Bandung Barat angkat bicara.

Sebelumnya, penutupan objek wisata didasari karena Kabupaten Bandung Barat (KBB) per tanggal 4 Mei 2021 masuk kedalam kategori wilayah kewaspadaan zona merah COVID-19 di Jawa Barat.

Berdasarkan data yang dikutip dari pik.bandungbaratkab.go.id, total kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di KBB sampai tanggal 6 Mei 2021 sebanyak 6.380 kasus.

Baca juga: BREAKING NEWS Tempat Wisata di Lembang dan Tasikmalaya Ditutup, Imbas Zona Merah di KBB dan Tasik

Dengan 623 pasien aktif saat ini masih dalam perawatan atau menjalani isolasi, sedangkan 5.679 orang dinyatakan sembuh dan 78 orang meninggal dunia.

Kepala Disparbud Bandung Barat, Heri Partomo mengatakan jika mengacu pada surat dari Kapolri dan Kemendagri, tempat wisata di Bandung Barat ditutup.

"Berdasarkan surat dan arahan dari Kapolri dan Kemendagri memang betul menyarankan tempat wisata untuk ditutup," katanya saat ditemui di kantornya, Kamis (6/5/2021).

Kendati demikian, Heri mengatakan belum ada surat resmi dari Kementerian Pariwisata dan Disparbud Jawa Barat terkait hal tersebut.

Heri menambahkan, dirinya akan segera melaksanakan koordinasi bersama seluruh Kadisparbud kota dan kabupaten di Jawa Barat yang dipimpin oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat.

Baca juga: Bandung Barat dan Tasikmalaya Zona Merah, Gubernur Minta Kawasan Wisata Ditutup Dulu

"Dari Disparbud Provinsi belum ada ketentuan boleh tidaknya objek wisata. Siang ini kita akan laksanakan koordinasi terkait hal tersebut, juga ada rapat koordinasi keadaan Bandung Barat saat ini seperti apa di sekda," ujarnya.

Heri mengatakan, pihaknya akan mengusahakan untuk tempat wisata di Bandung Barat dibuka.

Menilai kebanyakan karakteristik objek wisatanya bersifat outdoor. 

Selain itu, sebagai antisipasi penyebaran Covid-19 bisa dilakukan pemantauan terkait penerapan protokol kesehatan dan pemangkasa jumlah pengunjung.  

"Kebanyakan kan objek wisata disini outdoor, dengan alam yang terbuka jadi kenapa tidak jika dipantau secara maksimal penerapan protokol kesehatannya dan melakukan pemangkasan jumlah pengunjung seperti yang dilakukan beberapa saat lalu," tandasnya. 

Menurut Heri, jika mengacu pada PPKM di Bandung Barat terdapat beberapa  daerah dengan pergerakan kasus Covid-19 yang landai.

Baca juga: Warga di Wilayah Zona Merah dan Zona Oranye Wajib Salat Ied di Rumah Masing-masing

Hal ini memungkinkan  untuk membuka objek wisata di daerah tersebut. 

Sebagai Kadisparbud Bandung Barat Heri berharap objek wisata tetap buka sebagai bentuk pemulihan ekonomi.

Terlebih Hari Raya biasanya dijadikan kesempatan objek wisata untuk meraup keuntungan lebih. 

"Wisata kan sebagai bentuk pemulihan ekonomi, jika nanti pada akhirnya ditutup ekonomi makin menurun dan pemerintah pusat seharusnya memberikan bantuan terhadap pekerja di objek wisata," katanya.

Sampai saat berita ini diterbitkan, belum ada surat keputusan dari Kementerian Pariwisata dan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat terkait penutupan objek wisata di Bandung Barat

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved