Breaking News:

BREAKING NEWS Tempat Wisata di Lembang dan Tasikmalaya Ditutup, Imbas Zona Merah di KBB dan Tasik

Dua daerah di Jabar, Kabupaten Bandung Barat dan Kota Tasikmalaya kembali menyandang zona merah Covid-19 jelang Lebaran 2021. 

Kondisi jalan di Lembang, Jumat (30/4/2021) 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha 

TRIBUNJABAR.ID,BANDUNG - Dua daerah di Jabar, Kabupaten Bandung Barat dan Kota Tasikmalaya kembali menyandang Zona Merah Covid-19 jelang Lebaran 2021. 

Gubernur Jabar Ridwan Kamil sudah memprediksi ihwal ada kenaikan kasus jelang libur panjang sehingga berimbas pada status zona merah.

"Dengan berat hati saya sampaikan, di hari ini, di minggu ini ada dua zona merah datang lagi ke Jabar. Kabupaten Bandung Barat  dan satu lagi Kota Tasikmalaya," ucap Ridwan Kamil seusai gelar pasukan Operasi Lodaya di Lapangan Gasibu, Jalan Dipenogoro, Rabu (5/5/2021).

Kondisi status zona merah itu punya konsekuensi terhadap mobilitas warganya.

"Sesuai arahan Kapolri yang zona merah khususnya itu pariwisata akan ditutup. Jadi saya titip ke Pak Kapolda, kepada yang masuk zona merah agar tidak ada lagi destinasi pariwisata, akan ditutup," ucap dia.

Ia juga meminta dua kepala daerah yang berzona merah itu mensosialisasikan pada masyarakat.

Wilayah yang masuk Kabupaten Bandung Barat di antaranya adalah Lembang. 

Dengan demikian, tempat wisata di daerah Lembang akan ditutup selama wilayah tersebut masuk zona merah.

Sementara itu, soal mudik, di Jabar ada 158 titik penyekatan termasuk jalur alternatif atau jalur tikus. Data yang dia punya, di Jabar, ada sekira 6 juta orang yang mudik di masa normal.

"Bisa kita minimalisir semaksimal mungkin karena masih ada teorinya 7 persen. Jadi kalau 7 persen kali 6 juta ada sekitar 400 ribuan," ucap dia.

Bagi yang sudah terlanjur mudik, ia meminta ketua RT hingga kepala desa menyiapkan ruang karantina untuk memastikan kedatangan pemudik.

"Saya mengimbau kepada masyarakat untuk tidak memaksa melakukan mudik. Karena punya potensi membawa keterpaparan kepada orang tua kita yang usianya sepuh, belum sempat divaksin," ucapnya.

Penulis: Mega Nugraha
Editor: Ravianto
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved