Breaking News:

Virus Corona di Jabar

Bandung Barat dan Tasikmalaya Zona Merah, Gubernur Minta Kawasan Wisata Ditutup Dulu

Gubernur meminta Kapolda Jabar agar memastikan tidak ada lagi destinasi pariwisata yang buka di zona merah.

Tribun Jabar/ Muhamad Syarif Abdussalam
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan akan melakukan pemeriksaan terhadap warga negara asing di Jawa Barat karena berpotensi membawa virus dan mutasi virus Covid-19. 

Laporan Wartawan TribunJabar.id, Muhamad Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan Kabupaten Bandung Barat dan Kota Tasikmalaya kembali berstatus Zona Merah atau kawasan berisiko tinggi Covid-19.

Karenanya, kawasan wisata di dua daerah tersebut diinstruksikan untuk ditutup kembali sementara.

"Dengan berat hati saya sampaikan di minggu ini ada dua zona merah datang lagi ke Jawa Barat, Kabupaten Bandung Barat dan Kota Tasikmalaya. Sesuai arahan Kapolri, yang zona merah khususnya itu pariwisata akan ditutup ya," kata Gubernur di Gedung Sate, Rabu (5/5/2021).

Gubernur meminta Kapolda Jabar agar memastikan tidak ada lagi destinasi pariwisata yang buka di zona merah. Kemudian hal ini akan disosialisasikan kepada masyarakat.

Gubernur mengatakan dirinya pun sudah menyampaikannya kepada kepala daerah Kabupaten Bandung Barat dan Kota Tasikmalaya.

Sebelumnya diberitakan, Zona Merah atau kawasan penyebaran Covid-19 berisiko tinggi kembali muncul di Jawa Barat, setelah beberapa bulan terbebas dari Zona Merah. Kawasan berisiko tinggi tersebut adalah Kabupaten Bandung Barat dan Kota Tasikmalaya.

Berdasarkan data yang dipublikasikan aplikasi Bersatu Lawan Covid-19 dan Pikobar pada 3 Mei 2021 ini, dari 27 Kabupaten/Kota di Jawa Barat, 2 daerah masuk Zona Risiko Rendah (Kuning) yakni Kabupaten Bandung dan Kabupaten Sukabumi, 23 daerah Zona Risiko Sedang (Oranye), dan 2 daerah masuk Zona Risiko Tinggi (Merah), yakni Kota Tasikmalaya dan Kabupaten Bandung Barat.

Baca juga: 2000 WNA Positif Covid meski Punya Surat Negatif, Ridwan Kamil Sebut Jabar Akan Cek Orang Asing

Sedangkan update data Covid-19 di Jawa Barat pada 4 Mei 2021 adalah total kasus sebanyak 284.835 orang terinfeksi Covid-19, sebanyak 250.576 orang telah sembuh, dan 3.798 orang meninggal dunia. Dengan demikian, sebanyak 30.461 orang masih dinyatakan dirawat.

Berdasarkan data 3 Mei 2021, daerah dengan kasus aktif tertinggi adalah Kota Depok dengan 6.130 orang, Kabupaten Bogor, 4.494 orang, dan Kabupaten Karawang sebanyak 4.096 orang.

Halaman
12
Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved