Breaking News:

Pemudik Siap-siap Jalani Tes Covid-19, Terminal Ini Sudah Siapkan Alat Pengecekan

Para pemudik siap-siap harus menjalani tes Covid-19 jika nekat mudik lintas wilayah ke daerah ini karena akan ada pengecekan tes Covid-19 di terminal

tribunjabar/hilman kamaludin
ilustrasi Terminal Ciakar Sumedang 

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Pengelola terminal Tipe A Ciakar Kabupaten Sumedang menyiapkan alat GeNose-19 untuk pengetesan Covid-19 selama masa pengetatan mudik pada 22 April hingga 5 Mei 2021 mendatang.

Alat tersebut disiapkan untuk mencegah penyebaran virus corona dan nantinya para penumpang yang baru tiba di Kabupaten Sumedang akan dilakukan tes Covid-19 menggunakan alat tersebut.

Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Tipe A Ciakar Sumedang, Dadang Suganda, mengatakan, alat GeNose-19 tersebut merupakan pemberian bantuan dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Baca juga: Minta Santri Diperbolehkan Mudik, Bahkan Lintas Wilayah, Ini Alasan Wakil Presiden Maruf Amin

"Semua terminal di Jawa Barat diberikan alat GeNose-19 untuk satu bulan dengan sasaran 10 orang dalam satu hari," ujarnya saat dihubungi Tribun Jabar melalui sambungan telepon, Minggu (25/4/2021).

Alat tersebut, kata Dadang, akan digunakan bagi para penumpang yang mudik ke Kabupaten Sumedang dengan sistem acak selama masa pengetatan mudik lebaran tahun ini.

Dadang mengatakan, jika dari hasil tes Covid-19 menggunakan alat tersebut ada penumpang yang positif Covid-19, pihaknya akan langsung berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang.

Baca juga: Wali Kota Bandung Oded M Danial Bicara Soal Kota Bandung Terkini, Saya Sudah Gak Beli Telur Lagi

"Alhamdulillah dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang maupun Puskesmas Cisitu yang terdekat dengan Terminal Ciakar, kami selalu berkoordinasi, kata Dadang.

Kendati demikian, pihaknya mengimbau agar warga Kabupaten Sumedang jangan memaksakan diri untuk mudik untuk mencegah penyebaran virus corona.

"Apalagi kalau tidak menerapkan protokol kesehatan, lebih baik tidak mudik lebaran saja," ucapnya.

Selain itu, kata Dadang, saat larangan mudik sudah diterapkan, petugas gabungan juga bakal melakukan penyekatan dan memutarbalikan pemudik tersebut.

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Siti Fatimah
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved