Breaking News:

Jangan Coba-coba Ngabuburit di Rel Kereta Api, Bukan Cuma Bahaya, Bisa Kena Denda, Ini Aturannya

Ngabuburit atau menunggu buka puasa dengan melakukan kegiatann di jalur rel kereta api tidak saja berbahaya namun sesuai aturan bisa kena sanksi

Editor: Siti Fatimah
istimewa
Ngabuburit di rel kereta api sangat membahayakan nyawa 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Jalur kereta merupakan jalur yang dilindungi Undang-Indang Republik Indonesia. Menurut UU 23 tahun 2007 tentang Perkeretaapian, Jalur Kereta Api adalah jalur yang terdiri atas rangkaian petak jalan rel yang meliputi ruang manfaat jalur kereta api, ruang milik jalur kereta api, dan ruang pengawasan jalur kereta api, termasuk bagian atas dan bawahnya yang diperuntukkan bagi lalu lintas kereta api.

Pelakhar Manager Humasda Daop 2 Bandung, M Reza Fahlepi mengatakan, dengan karakteristik jalur yang khusus seperti itu maka jalur kereta api tidak bisa dimanfaatkan secara sembarangan karena menyangkut keselamatan perjalanan kereta api terlebih lagi untuk kegiatan ngabuburit saat bulan Ramadhan ini.

Ngabuburit atau menurut kamus bahasa Sunda Ngalantung Ngadagoan Burit artinya berjalan jalan atau bersantai santai menunggu senja, menjadi suatu kebiasaan yang dilakukan oleh sebagian besar warga masyarakat di negara kita.

Baca juga: Pedagang Buah Bawa Istrinya yang Berlumuran Darah Keliling Kota, Mengaku Tak Berniat Membunuh

"Kebiasaan menanti senja ini sayangnya banyak dilakukan di sejumlah lokasi yang bukan peruntukkannya," kata Reza dalam keterangan resminya.

Rel kereta api, stasiun terowongan dan jembatan KA menjadi beberapa titik yang difavoritkan untuk ngabuburit tersebut, sehingga tentunya akan menjadi bahaya bukan hanya bagi keselamatan perjalanan kereta api, namun juga bagi warga masyarakat yang melakukan kegiatan di lokasi terlarang tersebut.

“Terkait banyaknya masyarakat yang ngabuburit di jalur kereta api, dan sejumlah ruang manfaat jalur kereta api tentunya dapat saya katakan bahwa kegiatan tersebut jelas melanggar aturan yang berlaku dan sangat berbahaya," katanya.

Untuk mencegah hal tersebut,  sejumlah himbauan telah disampaikan dan papan larangan pun telah dipasang di sejumlah titik ruang manfaat jalur kereta api.

Baca juga: Pakai Ganja Sejak Lulus SMA, Artis Jeff Smith Tak Setuju Dimasukkan Narkotika Golongan Pertama

Namun masih banyak warga masyarakat yang masih berada di lokasi terlarang tersebut

"Jadi tidak boleh ada orang yang tak berkepentingan di lintasan kereta api karena itu sangat membahayakan," katanya.

Hal ini dinyatakan dalam UU No 23 tahun 2007 tentang perkeretaapian pada pasal 181 ayat (1) UU 23 tahun 2007 tentang Perekeretaapian. Dalam ayat (1) pasal tersebut menyatakan bahwa setiap orang dilarang berada di ruang manfaat jalur kereta api; menyeret, menggerakkan, meletakkan, atau memindahkan barang di atas rel atau melintasi jalur kereta api; atau menggunakan jalur kereta api untuk kepentingan lain, selain untuk angkutan kereta api.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved