Breaking News:

Sejuta Manfaat Timun Suri, Cocok untuk Buka Puasa Sore Nanti Lho

Ini dia sejuta manfaat timun suri. Cocok, lho, untuk menu buka puasa nanti.

Tribun Jabar/ Hakim Baihaqi
timun suri yang dijajakan pedagang 

Laporan wartawan Tribun Jabar, Shania Septiana

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Buah timun suri berasal dari keluarga labu.

Daging timun suri yang berwarna putih, lembut dengan bertekstur renyah, sangat cocok dijadikan bahan es buah untuk buka puasa

Meski sering dihidangkan di bulan Ramadan sebagai salah satu menu berbuka, apakah Anda tahu manfaat timun suri untuk kesehatan?

Baca juga: Resep Membuat Resoles Tiga Varian Isian Favorit dan Praktis, Cocok Jadi Menu Buka Puasa Ramadan

Baca juga: Berikut Jadwal Buka Puasa Ramadan Tasikmalaya Hari Ini 16 April 2021, Lengkap serta Jadwal Salat

Menurut dr Putri Sakti Dwi Permanasari MGizi SpGk AIFO-K, spesialis gizi klinik, selayaknya buah, timun suri juga mengandung serat, vitamin, dan kaya akan cairan.

"Selain puasa kita lancar, kita akan mendapat imunitas yang maksimal. Dengan konsumsi timun suri. Jangan langsung konsumsi makanan berat, karena pencernaan kita butuh adaptasi setelah puasa selama 14 jam. Kaya serat dan tinggi kandungan air. Kandungan gulanya lebih rendah, tentu sangat sehat untuk berbuka puasa," ucapnya dalam acara Hidup Sehat TvOne, Jumat (16/4/2021).

Supaya bisa dengan maksimal mendapatkan manfaat dari timun suri tersebut, tentunya harus dengan kualitas timun suri yang terbaik. 

"Untuk mendapatkan manfaat timun suri tentu dengan kualitas yang tebaik. Pertama, dilihat dari kulitnya, terdapat pecahan dan guratan itu artinya masak pohon. Kedua, memiliki tekstur yang renyah. Kalau renyah artinya serat vitamin dan mineralnya sangat sangat tinggi," ujarnya. 

Timun suri juga bisa mengobati panas dalam, karena kandungannya yang tinggi mineral dan vitamin C.

"Dapat meredakan panas dalam , karena tinggi cairan, mampu meredakan panas tubuh. Dengan kaya vitamin C bisa menghindarkan kita dari panas dalam," ucapnya.

Halaman
12
Penulis: Shania Septiana
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved