Breaking News:

Tiga Subsektor Ekraf Ini Penyumbang Terbesar PDB, Disparbud Jabar gelar Ekraf 2021

Dari 16 subsektor ekonomi kreatif, tiga subsektor yaitu fesyen, kuliner, dan kriya, merupakan penyumbang terbesar struktur PDB dan ekspor produk

Tribun Jabar/M Syarif Abdussalam
Gelar Produk Ekonomi Kreatif (Gekraf) 2021 di area Gedung Dekranasda Jabar, Jalan Ir H Djuanda, Kota Bandung, mulai Jumat (9/4) hingga 10 April 2021 

Laporan Wartawan TribunJabar.id, Muhamad Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG- Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mencatat ekonomi kreatif memiliki kontribusi yang tinggi bagi produk domestik bruto (PDB) pada 2020.

Pertumbuhan produk domestik regional bruto (PDRB) Ekonomi Kreatif Jawa Barat dari periode 2010-2016 meningkat sebesar 82,27 persen dengan rata-rata pertumbuhan sebesar 5,86 persen setiap tahun.

Kontribusi (PDRB) ekonomi kreatif Jawa Barat terhadap PDRB ekonomi kreatif nasional pun cukup tinggi, yaitu sebesar 11,81 persen, dengan rata-rata kontribusi PDRB ekonomi kreatif terhadap PDRB Provinsi Jawa Barat adalah sebesar 11,14 persen pada 2010-2016.

Dari 16 subsektor ekonomi kreatif, tiga subsektor yaitu fesyen, kuliner, dan kriya, merupakan penyumbang terbesar struktur PDB dan ekspor produk ekonomi kreatif ke mancanegara.

Kontribusi tiga subsektor tersebut, merujuk pada data BPS dan Kemenparekraf adalah sebesar 41 persen untuk kuliner, 17 persen untuk fesyen dan 14,9 persen untuk kriya.

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat pun memyelenggarakan Gelar Produk Ekonomi Kreatif 2021 (Gekraf 2021), yang merupakan upaya mendorong percepatan pemulihan ekonomi yang terdampak pandemi Covid-19.

Baca juga: Garuda Indonesia Stop Rute Internasional di Periode Mudik, Sriwijaya Air Akan Patuhi Larangan Mudik

Baca juga: Download Kumpulan Gambar Ucapan Ramadan 2021, Lengkap dengan Doa Menyambut Bulan Puasa

Gekraf 2021 diselenggarakan di area Gedung Dekranasda Jabar, Jalan Ir H Djuanda, Kota Bandung, mulai Jumat (9/4/2021) hingga 10 April 2021.

Kegiatan ini memamerkan sejumlah produk ekraf seperti furnitur, kriya, kuliner hingga fesyen, yang sudah dikurasi Dekranasda.

Kepala Bidang Industri Pariwisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat, Lusi Lesminingwati, mengatakan Gekraf 2021 ini didasarkan pada kenyataan Provinsi Jawa Barat sebagai salah satu provinsi yang memiliki potensi ekonomi kreatif tertinggi di Indonesia. 

Halaman
123
Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved