Breaking News:

Usung Miang Tandang, Coklat Kita Napak Jagat Pasundan Kembali Hadir di Tahun Kedua Secara Virtual

Tahun ini Coklat Kita Napak Jagat Pasundan kembali hadir secara virtual.

Tribun Jabar/Kemal SP
Dari kanan ke kiri, Agus Pryoga (6CC), Andri Yuliandri (Perwakilan Coklat kita), Mpap Gondo (Duta NJP), Sandrina (Duta Motivator NJP) dan Ega Robot (Duta NJP), dan Prima Ramadhan berfoto usai menggelar keterangan pers Coklat Kita NJP 2021 "Miang Tandang" yang digelar di Saung Angklung Udjo, Selasa (6/4/2021). 

Laporan Wartawan Tribunjabar.id, Kemal Setia Permana

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG – Setelah sukses tahun lalu membawakan Coklat Kita Napak Jagat Pasundan (NJP) Ngubaran "Ngaguar Budaya Urang", kini 2021, Coklat Kita NJP kembali hadir dengan mengusung tema Miang Tandang.

Sesuai tema yang diusung, NJP Ngubaran tahun lalu menjadi wadah apresiasi bagi penggiat seni khususnya seni tradisi dengan menghadirkan seniman-seniman tradisi daerah untuk menunjukkan garapan dan kreasi secara virtual.

Tidak hanya menampilkan para seniman daerah, Coklat Kita Pojok NJP Ngubaran juga ngaguar seputar kasundaan dengan menghadirkan narasumber-narasumber Jawa Barat baik dari kalangan praktisi seni maupun akademisi seperti Doel Sumbang, Abah Olot, Man Jasad, Haji Taufik Faturohman, Tan Deseng, Abah Asep Truna, Wa Kabul, Taufik "Udjo", Ceu Mira, Ira Indra Wardana, Ismet Ruchimat, Lili Supari, Kang Dedi Mulyadi, Budi Dalton dan masih banyak lagi para seniman dan penggiat budaya yang dihadirkan.

Baca juga: Jangan Keluar Rumah, Pantengin Coklat Kita NJP “Hayu Urang Move On” Spesial di Malam Tahun Baru

Baca juga: Napak Jagat Pasundan, Upaya Coklat Kita Lestarikan Budaya Sunda yang Kian Tergerus 

Kini, Coklat Kita NJP Miang Tandang dengan konsep acara yang jauh lebih baik dibanding tahun lalu, setiap episodenya dibagi menjadi 3 tayangan dan ditayangkan setiap hari Senin, Rabu, dan Sabtu yang dimulai di pertengahan April ini hingga September 2021.

Acara yang mengangkat seni budaya dan semua unsur keunikan daerah di Jabar ini ditayangkan di YouTube Channel NAPAK JAGAT PASUNDAN OFFICIAL.dengan durasi per-sessionnya yang tidak terlalu lama.

Perwakilan Coklat Kita, Andri Yuliandri, mengatakan bahwa tagline Miang Tandang merupakan satu rangkaian dari NJP 2020 ke 2021. Tema ini memiliki arti yang sangat luas di antaranya mengajak para seniman untuk tetap maju bergerak dan tidak boleh terpuruk dengan keadaan sekarang.

"Semua harus tetap berkarya dan mempunyai cita-cita atau tujuan yang mana semua tahu tahun sekarang adalah tahun sulit, tapi kita tidak boleh terpuruk dengan keadaan dan harus punya satu tujuan dan harus maju," ujar Andri dalam konferensi pers Coklat Kita NJP 2021 "Miang Tandang" di Saung Angklung Udjo, Selasa (6/4/2021).

Suasana konferensi pers Coklat Kita Napak Jagat Pasundan, Selasa (6/4/2021) di Saung Angklung Udjo.
Suasana konferensi pers Coklat Kita Napak Jagat Pasundan, Selasa (6/4/2021) di Saung Angklung Udjo. (Tribun Jabar/Kemal SP)

Menurut Andri, pandemi Covid-19 yang sudah masuk tahun kedua masih belum usai di Indonesia. Hal ini  membuat perekonomian di Indonesia terpuruk dan membuat para seniman kehilangan panggung kreasinya.

"Besar harapan Coklat Kita NJP “Miang Tandang” ini menjadi wadah dan pengobat rasa kangen para pelaku dan penggiat seni budaya Tatar Pasundan di masa pandemi ini, dan harapannya tidak hanya menjadi tontotan namun juga menjadi tuntunan. Kalau bukan kita yang notabene warga Jawa Barat yang melestarikan budaya kita, lalu siapa lagi?" ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Kemal Setia Permana
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved