Breaking News:

KBM Tatap Muka di Sumedang Bakal Digelar 15 Juli 2021, Dinas Pendidikan Sedang Persiapkan Diri

Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang memastikan kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka bakal digelar mulai Juli

Tribun Jabar/Fauzi Noviandi
ilustrasi KBM tatap muka, KBM Tatap Muka di Sumedang Bakal Digelar 15 Juli 2021, Dinas Pendidikan Sedang Persiapkan Diri 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang memastikan kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka bakal digelar mulai Juli 2021, sesuai instruksi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang, Agus Wahidin, mengatakan, KBM tatap muka pada Juli 2021 itu merupakan awal dari tahun ajaran 2021-2022, sehingga saat ini pihaknya sudah melakukan berbagai persiapan.

"Berdasarkan kalender akademik, itu akan dimulai pada 15 Juli 2021, sehingga kami Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang sudah mempersiapkan diri," ujarnya saat ditemui di kantornya, Rabu (31/3/2021).

Selain itu, kata Agus, pihaknya juga sudah merancang petunjuk umumnya, termasuk melakukan sosialisasi terhadap semua sekolah melalui Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) dan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS).

Baca juga: Kronologi Kisah Asmara Pria 50 Tahun dan Gadis 14 Tahun di Pangandaran, Ternyata Si Neng yang Nembak

Selain itu, pihaknya juga sudah melakukan sosialisasi terhadap Kelompok Kerja Kepala Taman Kanak Kanak (K3TK) dan Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI).

"Bahwa rencana kita, per 15 Juli 2021 akan KBM tatap muka yang kurang lebih untuk PAUD (teknisnya) akan diatur 2 minggu pertama tatap muka, dan dua minggu lagi belajar di rumah," kata Agus.

Sementara teknis belajar tatap muka untuk SD, kata Agus, pada 2 minggu pertama akan dilaksanakan oleh kelas 1 hingga kelas 3, sedangkan kelas 4 hingga kelas 6 masih belajar di rumah.

Kemudian pada minggu ketiga dan keempat, kata Agus, KBM tatap muka ini akan dilaksanan oleh kelas 4 hingga kelas 6, sedangkan kelas 1 hingga kelas 3 kembali belajar di rumah.

"Kalau untuk SMP, pada 10 hari pertama KBM tatap muka akan dilaksanakan oleh kelas 7. Sedangkan kelas 8 serta kelas 9 belajar di rumah," ucapnya.

Baca juga: ArkaLearn, Persingkat Belajar Bahasa Jepang untuk Pekerja Migran, dari 6 Bulan Cukup jadi 6 Minggu

Agus mengatakan, pada 10 hari selanjutnya, KBM tatap muka ini akan dilaksanakan oleh kelas 8, sedangkan kelas 7 dan kelas 9 belajar di rumah dan 10 hari kedua baru kelas 9.

"Jadi, cara gilirannya seperti itu kalau untuk (KBM tatap muka) di Kabupaten Sumdedang yang sudah kita persiapkan," ujar Agus

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved