Breaking News:

Parkir Berlangganan di Sumedang Mulai 1 April 2021, Mobil Per Tahun Rp 100 Ribu, Motor Rp 50 Ribu

Dinas Perhubungan Kabupaten Sumedang memastikan, sistem parkir berlangganan akan diterapkan mulai 1 April 2021.

dok.tribun
Ilustrasi parkir . Parkir Berlangganan di Sumedang Mulai 1 April 2021, Mobil Per Tahun Rp 100 Ribu, Motor Rp 50 Ribu 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Dinas Perhubungan Kabupaten Sumedang memastikan, sistem parkir berlangganan akan diterapkan mulai 1 April 2021.

Seperti diketahui, biaya dalam sistem pembayaran parkir berlangganan di Kabupaten Sumedang ini sebesar Rp 50 ribu per tahun untuk motor dan Rp 100 ribu untuk mobil.

Sementara untuk pembayarannya bersamaan dengan pajak kendaraan di kantor Samsat atau gerai-gerai yang telah ditentukan dengan cara pembayaran digital payment.

"Insya Allah mulai 1 April sudah diberlakukan," ujar Sekretaris Dinas Perhungan Kabupaten Sumedang, Atang Sutarno, saat dihubungi, Minggu (28/3/2021).

Baca juga: Angin Puting Beliung Terjang 2 Wilayah di Bandung, BMKG Ingatkan Hal Ini

Sebelum menerapkan parkir berlangganan ini, kata Atang, pihaknya sudah membagikan logistik kepada petugas parkir yang sudah diseleksi, sehingga mulai 1 April mendatang sudah resmi diberlakukan.

"Jadi petugas parkir sudah berpakaian resmi, kalau selain berpakaian itu, berarti dia bukan petugas parkir (berlangganan)," katanya.

Atang juga memastikan, setelah sistem parkir berlangganan ini diterapkan, maka pengendara yang parkir di setiap titik Sumedang akan gratis karena pembayarannya dilakukan per tahun.

Sementara untuk memastikan parkir berlangganan itu berjalan dengan baik, pihaknya akan melakukan pemantauan mulai dari hari pertama hingga satu bulan kedepan.

"Kita akan terjun ke lapangan dengan membuat satu tim, sesuai arahan dari Pak Sekda bahwa kita harus menerjunkan tim secara langsung ke lapangan untuk melakukan pemantauan," ucap Atang.

Baca juga: Buntut Bom Gereja Makasar, Daerah Ini Langsung Perketat Pengawasan, Kerahkan Patroli Gabungan

Pemantauan tersebut, kata Atang, pihaknya akan melihat sarana dan prasarananya, termasuk melihat kinerja para juru parkir yang ada di lapangan.

Untuk memantau juru parkir, kata Atang, pihaknya akan berkoordinasi dengan anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Sumedang.

"Itu untuk melakukan penindakan, terutama masalah penegakan bagi yang bukan juru parkir berlangganan," katanya.

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved