Breaking News:

Unpad Akan Uji Klinis Fase III Vaksin Covid-19 Anhui, Saat Ini Sedang Cari Relawan

Pemerintah Provinsi Jawa Barat mendukung penuh Universitas Padjadjaran (Unpad) yang tengah melakukan uji klinis fase III untuk vaksin rekombinan Covid

nikkei
Ilustrasi vaksin Covid-19. Unpad sedang mencari relawan untuk uji klinis fase ketiga vaksin Anhui. 

Laporan Wartawan TribunJabar.id, Muhamad Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Pemerintah Provinsi Jawa Barat mendukung penuh Universitas Padjadjaran (Unpad) yang tengah melakukan uji klinis fase III untuk vaksin rekombinan Covid-19 Anhui.

Pelaksanaan uji klinis rencananya dilakukan mulai awal Maret 2021. 

Vaksin rekombinan Covid-19 Anhui dikembangkan oleh Anhui Zhifei Longcom Biopharmaceutical Co. Ltd.

Anhui Zhifei Longcom Biopharmaceutical merupakan produsen vaksin asal Tiongkok.

Satu di antara produk yang sudah dihasilkan adalah vaksin meningitis yang sudah dipakai untuk jemaah haji dan umrah di Indonesia.

Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, berharap proses uji klinis fase III vaksin rekombinan Covid-19 Anhui berjalan optimal dan dapat memenuhi ketersediaan vaksin untuk mempercepat proses vaksinasi di Indonesia, khususnya Jabar.

Baca juga: Begini Suasana Ruang Ganti Persib Bandung di Tengah Isu Adanya Pemain-pemain yang Akan Masuk

Baca juga: Daftar Lengkap Biaya Administrasi Bank Pelat Merah yang Bikin Tabungan Anda Berkurang Setiap Bulan

"Ini merupakan proses awal tes ketiga untuk relawan vaksin rekombinan sebanyak 2.000 orang. Sudah dimulai sebuah vaksin anti Covid-19 yang datang dengan brand Anhui menggunakan metode yang sedikit berbeda, tapi keefektifannya dan tujuannya sama," kata Ridwan Kamil di Gedung Rumah Sakit Pendidikan Unpad, Kota Bandung, Rabu (3/3/2021).

“Mudah-mudahan ini lancar. Testing ini berbeda dengan sebelumnya, akan dilakukan di enam rumah sakit. Kalau dulu ada di puskesmas-puskesmas. Karena keterbatasan, kita putuskan di RS yang sudah siap, khususnya di RSHS yang paling besar,” katanya.

Selain di RSUP dr Hasan Sadikin, uji klinis akan berlangsung di Rumah Sakit Immanuel, Rumah Sakit Advent, Rumah Sakit Al Ihsan, Rumah Sakit Unggul Karsa Medika, dan RSIA Limijati.

Halaman
12
Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Giri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved