Breaking News:

Gempa Bumi

Sumedang Dilintasi Sesar Baribis BPBD Waspadai Ancaman Gempa di 4 Kecamatan Wilayah Timur,Mana Saja?

BPBD Sumedang mewaspadai ancaman gempa bumi yang disebabkan aktivitas sesar Baribis.

jurnal.unpad.ac.id
Gambaran patahan atau sesar di Jawa Barat, ada Sesar Lembang sampai Sesar Baribis 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumedang saat ini tengah mewaspadai ancaman gempa bumi yang dipicu sesar Baribis, terutama di wilayah timur Sumedang.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, bahwa sesar Baribis ini membentang dan melintasi daerah Kabupaten Sumedang, Majalengka, Indramayu, Subang, Purwakarta, Karawang, Cibatu (Bekasi), Jakarta, Tangerang, hingga Rangkasbitung.

Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan, BPBD Kabupaten Sumedang, Adang, mengatakan, untuk daerah Sumedang yang dilintasi sesar Baribis ini yakni, Kecamatan Wado, Jatinunggal, Jatigede, dan Tomo.

Baca juga: Tiga Gempa Guncang Labuha dalam 4 Hari, Terakhir Subuh Tadi, Semua di Darat dan yang Pertama Merusak

Baca juga: Apa Itu Sesar Baribis, Penyebab Gempa yang Dikaitkan dengan Legenda Keuyeup Bodas Waduk Jatigede

"Jadi memang benar menurut para ahli, bahwa beberapa daerah di Sumedang rawan terjadi gempa karena masuk lintasan sesar Baribis, terutama di wilayah timur," ujar Adang saat ditemui Tribun Jabar di kantornya, Senin (1/3/2021).

Dengan adanya ancaman gempa tersebut, pihaknya bakal melakukan sosialisasi, memberikan edukasi dalam rangka mitigasi dan kesiapsiagaan menghadapi bencana gempa bumi tersebut.

"Itu harus menjadi perhatian kita, karena wilayah Jawa Barat, khususnya Sumedang tingkat kerawanan bencananya tinggi," katanya.

Namun, pihaknya meminta masyarakat di wilayah timur jangan khawatir dengan adanya ancaman gempa bumi tersebut karena pihaknya bakal terus melakukan mitigasi bencana.

Apalagi, kata Adang, selama ini belum pernah terjadi gempa bumi di wilayah timur yang dipicu sesar Baribis, tetapi bencan tersebut tetap harus diwaspadai oleh semua pihak.

"Kalau gempa kecil-kecilan memang pernah terjadi, tapi kalau dikaitkan dengan sesar Baribis, catatan BPBD belum ada. Tapi ketika kami berdiskusi dengan para ahli, memang ada satu sesar yang perlu kami waspadai," ucap Adang.

Dalam menghadapi gempa yang dipicu sesar Baribis itu, Adang meminta masyarakat harus memiliki kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana tersebut.

"Tapi, mudah-mudah tidak terjadi apa-apa," katanya.

Baca juga: Curahan Hati PSK Hamil Tua Masih Mangkal, Dicerai Suami Saat Mengandung 1 Bulan, Punya 2 Anak Kecil

Baca juga: Sinopsis Ikatan Cinta Malam Nanti, Andin Marah ke Al dan Kondisi Elsa Mengkhawatirkan

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved