Breaking News:

Sesar Lembang Bisa Picu Gempa Bumi, BPBD KBB Bikin 10 Desa Tangguh Bencana

Terkait Sesar Lembang yang berpotensi menimbulkan gempa bumi , Badan Penanggulangan Bencana Daerah Bandung Barat

Penulis: Wildan Noviansah | Editor: Ichsan
dok.tribun
Gunung Batu, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, yang menjadi jalur Sesar Lembang. Sesar Lembang Bisa Picu Gempa Bumi, BPBD KBB Bikin 10 Desa Tangguh Bencana 

TRIBUNJABAR.ID - Terkait Sesar Lembang yang berpotensi menimbulkan gempa bumi , Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bandung Barat melakukan koordinasi bersama Bandung Mitigasi akan mendirikan 10 desa tangguh bencana di Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Menurut data yang dihimpun BPBD, total ada lima kecamatan yang berada di jalur Sesar Lembang yaitu kecamatan Lembang, Kecamatan Parongpong, Kecamatan Cisarua, Kecamatan Ngamprah, dan Kecamatan Padalarang.

Dari total lima kecamatan yang berada di jalur, jumlah penduduk terpapar bahaya Sesar Lembang mencapai angka 155.383 orang.

Terkait hal tersebut, kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Bandung Barat, Dadan Wardani mengatakan, sosialisasi desa tangguh bencana sudah dilakukan sejak 2015 silam.

Baca juga: Ditahan KPK, Gubernur Sulsel : Demi Allah Saya Tidak Tahu Apa-Apa tapi Ikhlas Jalani Proses Hukum

"Kita sudah sosialisasikan program desa tangguh bencana ini dari dulu dari tahun 2015, dilakukan di dua desa yaitu Desa Cikahuripan dan Desa Tugu Mukti," katanya saat diwawancarai, Sabtu (27/2/2021).

Program desa tangguh bencana diadakan sebagai bentuk antisipasi jika sewaktu-waktu terjadi bencana gempa yang disebabkan Sesar Lembang.

Dari hasil koordinasi bersama Bandung Mitigasi, disimpulkan akan membangun 10 desa tangguh bencana di Kabupaten Bandung Barat.

"Kita rencananya akan membangun 10 desa tangguh. Jumlah 10 ini didasarkan dengan daerah yang paling berpotensi dan juga anggaran juga," katanya.

Dadan mengatakan, sampai saat ini program dana desa masih berupa rencana belum jelas realisasi dan target rampung nya.

"Ini bentuknya masih rencana, kita baru berkoordinasi dengan Bandung Mitigasi. Semoga kedepannya lancar dan bisa berjalan sesuai harapan," ujarnya.

Baca juga: Kronologi Lengkap Operasi Tangkap Tangan Gubernur Sulsel oleh KPK, Duit dalam Koper Rp 2 Miliar

Halaman
123
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved