Breaking News:

Dinkes Garut Evakuasi Puluhan ODGJ untuk Dirawat, Salah Satunya Datang dengan Kaki Diikat Rantai

Pasien ODGJ yang akan berangkat harus melalui beberapa tahapan, mulai dari pemberkasan sampai dengan persetujuan pihak keluarga.

Tribun Jabar/ Sidqi Al Ghifari
Dinkes Garut bekerja sama dengan RSJ Marjoeki Mahdi Kota Bogor menyelenggarakan skrining dan evakuasi pasien Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) 

Laporan Kotributor Tribunjabar.id Garut, Sidqi Al Ghifari

TRIBUNJABAR.ID, GARUT - Dinas Kesehatan Kabupaten Garut bekerja sama dengan RSJ Marjoeki Mahdi Kota Bogor menyelenggarakan skrining dan evakuasi pasien Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ)

Skrining tersebut dilaksanakan di Klinik Atma, Desa Cimurah, Kecamatan Karangpawitan, Kabupaten Garut, Kamis (25/02/2021).

Kordinator Dinas Sektoral dan Promotor Kesehatan RS Marjoeki Mahdi, Iyep Yudiana mengatakan ada sebanyak 35 pasien ODJG yang berasal dari berbagai daerah di Garut, akan diberangkatkan ke Kota Bogor untuk dilakukan terapi dalam rangka penyembuhan.

Pasien ODGJ yang akan berangkat harus melalui beberapa tahapan mulai dari pemberkasan sampai dengan persetujuan pihak keluarga.

"Ada tahapan-tahapan pemeriksaan, jaminan rawat identitas, termasuk skrining ulang pemeriksaan Covid-19 dan diperiksa oleh Dokter Spesialis Jiwa sama dokter UGD (Unit Gawat Darurat) kita lakukan pemeriksaan sampai pasien tersebut dinyatakan memang pertama indikasi rawat jiwa," kata Iyep.

Iyep menjelaskan tujuan akhir dari kegiatan tersebut adalah pihaknya bekerjasama dengan Kemenkes RI untuk terjung langung dalam penanganan kesehatan Jiwa.

"Tujuan akhirnya sebetulnya Rumah Sakit Marjoeki Mahdi Bogor di bawah Kementerian Kesehatan ini turun tangan langsung terjun langsung untuk memberikan pelayanan kesehatan jiwa seperti tadi dilihat ada tiga yang dipasung dengan rante otomatis terbebaskan hari ini bukan hanya ini nanti setelah selesai pemeriksaan, dia juga ikut perawatan pengobatan di rumah sakit," ungkapnya.

Baca juga: Gempa Bumi Mengguncang, Sedang Di Gedung Tinggi, Pilih Turun Atau Berlindung di Ruangan? Ini Tipsnya

Lebih jauh Iyep mengimbau empat hal yang harus dilakukan oleh masyarakat jika di lingkungannya ada pasien ODGJ.

Pertama, membawa pasien ke fasilitas kesehatan; Kedua, memberikan obat ke pasien; Ketiga, berdayakan pasien di masyarakat.

Halaman
12
Penulis: Sidqi Al Ghifari
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved