Breaking News:

Sunset Imlek in Love, Kolaborasi Konservasi dan Budaya di Waduk Jatiluhur

Perayaan tahun baru Imlek 2572 yang jatuh pada Jumat (12/2/2021) ternyata ada sesuatu yang berbeda

istimewa
Sunset Imlek in Love, Kolaborasi Konservasi dan Budaya di Waduk Jatiluhur 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Perayaan tahun baru Imlek 2572 yang jatuh pada Jumat (12/2/2021) ternyata ada sesuatu yang berbeda yang dilakukan Jasa Tirta II.

Melalui Jatiluhur Valley & Resort, Jadsa Tirta II menyelenggarakan kegiatan kolaborasi konservasi di daerah aliran sungai (DAS) Citarum dan budaya nasional lewat pelepasan benih ikan di Waduk Jatiluhur.

Kegiatan ini dilakukan pada peringatan Imlek semata untuk menarik perhatian sekaligus mempromosikan ke warga bahwa kawasan JVR sebagai destinasi ikonik dengan nama 'Sunset Imlek in Love'.

Yang melatarbelakangi kegiatan ini ternyata untuk mengenang sejarah datangnya sejumlah warga Tiongkok di peradaban Sungai Citarum, serta memperkaya khazanah budaya Indonesia dan sekaligus bentuk pelestarian alam.

Baca juga: Sengketa Lahan Sari Ater, 3 Bulan Sudah 8 Kali Sidang, Siapa Menang Pemkab Subang atau Ahli Waris?

General Manajer Pariwisata & Hotel, Dadan Hidayat mengatakan ada tiga rangkaian kegiatan di kawaaan D'bay Water Sport Center Jatiluhur Valley & Resort, yakni penebaran benih ikan, kuliner hasil ikan tangkap, dan sajian budaya.

Adapun ikan hasil tangkapnya ialah jenis ikan bandeng yang kemudian diolah menjadi kuliner ciamik.

Ikan bandeng yang ditangkap diprediksi hasil penebaran bibit ikan pada periode 2017-2018. Sementara itu, untuk penebaran benih ikan dilakukan secara bioflok jenis ikan patin, ikan bandeng, dan ikan mas.

Konsep ini seiring rencana pengurangan keramba jaring apung yang digantikan dengan ikan tangkap.

"Kami miliki kewajiban untuk optimalkan upaya kegiatan kampanye konservasi alam juga melestarikan lingkungan dalam setiap kegiatan pariwisata," katanya di lokasi. 

Baca juga: Tak Ada Barongsai Tak Ada Arak-arakan, Pandemi Covid-19 Membuat Imlek di Kota Bandung jadi Sepi

Dadan menyebut kegiatan ini pun sebagai langkah meningkatkan pengembangan destinasi wisata budaya di Jabar dengan keindahan alam Jatiluhur, sehingga ke depannya bisa menggerakkan dan memulihkan ekonomi pariwisata berbasis konservasi olahraga, rekreasi, dan agrikultur.

"Kegiatan ini jadi bagian pengembangan kawasan Bendungan Jatiluhur untuk menjadi destinasi wisata yang berkelanjutan dengan mengadopsi kaidah konservasi lewat aktivitas wisatanya. Jadi, kami komitmen bersama Pemkab Purwakarta menumbuhkan kesadaran warga pada pelestarian lingkungan, pengembangan sport tourism, serta wisata minat khusus lainnya berbasis alam, budaya, dan rekreasi," ujarnya.

Kegiatan ini berlangsung mulai 12 Februari 2021 hingga 14 Februari 2021 dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan serta adanya pembatasan pengunjung 50 persen dari kapasitas lokasi. 

Penulis: Muhamad Nandri Prilatama
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved