Breaking News:

Buku Pelajaran Siswa SMA di Bandung yang Berisi Link ke Situs Dewasa Tak Akan Dimusnahkan, Mengapa?

Tautan itu ada dalam salah satu paragraf di halaman yang membuat artikel tentang sejarah dan identitas dari Kampung Naga di Kabupaten Tasikmalaya.

Istimewa
Buku pelajaran Sosiologi untuk SMA yang mengandung tautan situs dewasa. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Cipta Permana

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - KEPALA Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat, Dedi Supandi, mengatakan buku pelajaran sosiologi yang memuat tautan ke situs konten dewasa itu diterbitkan tahun 2010 lalu.

Tautan itu ada dalam salah satu paragraf di halaman yang membuat artikel tentang sejarah dan identitas dari Kampung Naga di Kabupaten Tasikmalaya.

"Isi halaman buku itu memang tampak tidak ada yang salah karena hanya memuat gambar atau foto dari suasana pedesaan dan keterangan tulisan yang menjelaskan lokasi dari gambar tersebut."

"Tapi bila diperhatikan lebih detail, maka ada tulisan 'dirujuk dalam situs www.(alamat situs sengaja tidak dipublikasikan, Red).net, Kampung Naga terletak di desa apa, kecamatan apa, di Kabupaten Tasikmalaya."

"Nah, kalau dibuka, situs ini akan terhubung dengan konten adegan dewasa," ujarnya saat di temui di Kantor Disdik Jabar, Rabu (10/2/2021).

Dedi mengatakan, besar kemungkinan saat buku ini diterbitkan pada 2010, tautan situs yang menjadi rujukan artikel buku pelajaran itu masih merupakan situs sejarah asli.

Namun, karena tidak ada perkembangan hal baru dalam penggunaannya, maka itu alamat domain tersebut dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab dengan menggantinya dengan konten dewasa.

"Mungkin, dulu mah isi dari alamat domain ini masih benar, tapi karena mungkin tidak aktif atau bagaimana, maka diambil alih dan konten isinya diganti dengan itu," ucapnya.

Sebagai upaya antisipasi terjadi hal serupa, pihaknya telah mengirimkan surat kepada Kemendikbud dengan tembusan Kemenkominfo untuk dapat memblokir situs tersebut agar tidak dapat di akses.

Halaman
1234
Penulis: Cipta Permana
Editor: Ravianto
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved