Breaking News:

Kuliner Ning Cirebon Jeh!

Ada banyak pilihan makanan yang menggoda lidah. Selain rasanya yang enak, harganya juga bisa dibilang terjangkau

Jalan-jalan ke Cirebon memang tidak lengkap jika Anda hanya menjajaki ragam pesona alamnya yang indah dan mempesona. Kota yang dikenal sebagai penghasil udang ini punya banyak makanan enak. Jika Anda hanya menjajaki alamnya saja bisa dibilang tidaklah cukup, sebab Anda juga perlu menjajal ragam wisata kuliner yang pastinya sangat lezat hingga menggugah selera untuk terus makan lagi dan lagi. Jadi kebayang, kan betapa lezatnya kuliner Cirebon  yang menjadi incaran wisatawan?

Untuk Anda yang sedang bingung ingin makan apa selama liburan di Cirebon, jangan khawatir sebab banyak sekali menu kuliner Cirebon yang akan menggoyang lidah Anda hingga ketagihan hihi. Wisata kuliner Cirebon  tak kalah menyenangkan jika dibanding dengan kota pariwisata lainnya. Ada banyak pilihan makanan yang menggoda lidah. Selain rasanya yang enak, harganya juga bisa dibilang terjangkau. Berikut ini beberapa referensi yang bisa Anda jadikan sebagai panduan untuk berburu kuliner di kota Cirebon.

Nasi Jamblang

Nasi Jamblang 01
Nasi Jamblang 01 ()

Sega Jamblang adalah makanan khas dari Cirebon, Jawa Barat. Nama Jamblang berasal dari nama daerah di sebelah barat Kabupaten Cirebon tempat asal pedagang makanan tersebut. Ciri khas makanan ini adalah penggunaan daun jati sebagai bungkus nasi. Penyajian makanannya pun bersifat prasmanan.

Menu yang tersedia biasanya antara lain sambal goreng tahu sayur, paru-paru (pusu), semur hati atau daging, perkedel, sate kentang, telur dadar/telur goreng, telur masak sambal goreng, semur ikan, ikan asintahu, tempe. 

Namun salah satu menu yang menjadi ikon dari sega jamblang adalah balakutak hideung yaitu cumi-cumi atau sotong berkuah kental yang dimasak bersama dengan tintanya sehingga berwarna hitam seperti rawon.

Nasi Lengko

Nasi Lengko 01
Nasi Lengko 01 ()

Sega lengko adalah makanan khas masyarakat pantai utara. Makanan khas yang sederhana ini sarat akan protein dan karbohidrat serta rendah kalori karena bahan-bahan yang digunakan adalah 100% non-hewani. 

Bahan-bahannya antara lain: nasi putih (panas-panas lebih baik), tempe goreng, tahu goreng, mentimun (mentah segar, dicacah), tauge (direbus), daun kucai (dipotong kecil-kecil), bawang goreng, bumbu kacang (seperti bumbu rujak, pedas atau tidak, tergantung selera), dan kecap manis. 

Dan, umumnya kecap manis yang dipergunakan adalah kecap manis encer, bukan yang kental. Disiramkan ke atas semua bahan.

Halaman
123
Editor: bisnistribunjabar
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved