Breaking News:

Longsor di Sumedang

Ini Skenario Tim SAR untuk Pencarian 8 Korban Hilang di Mahkota Longsor Cimanggung pada Hari ke-10

Sementara, jika hari ini semua korban tidak berhasil ditemukan, pihaknya akan segera melakukan evaluasi bersama semua tim SAR gabungan

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Seli Andina Miranti
Tribun Jabar/ Hilman Kamaludin
Tim SAR gabungan sudah memiliki skenario dalam mencari 8 korban di dekat mahkota longsor, Perumahan Pondok Daud, Kampung Bojongkondang, RT 3/10, Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Senin (18/1/2021). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Tim SAR gabungan sudah memiliki skenario dalam mencari 8 korban di dekat mahkota longsor, Perumahan Pondok Daud, Kampung Bojongkondang, RT 3/10, Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Senin (18/1/2021).

Dalam melakukan pencarian korban di dekat mahkota longsor ini, tim SAR gabungan menggunakan alat berat 4 unit Excavator, peralatan ekstrikasi, peralatan komunikasi, peralatan medis dan alat pelindung diri (APD) personel.

Kepala Kantor SAR Bandung, Deden Ridwansyah, mengatakan, skenario pencarian di dekat mahkota longsor ini, yakni satu alat berat akan ditempatkan sebagai leader di sekira rumah yang terdampak longsoran pertama.

"Kemudian akan pelan-pelan membuang material longsoran supaya tidak membahayakan petugas," ujarnya saat ditemui di Posko SAR Cimanggung.

Lalu untuk alat berat yang kedua, kata Deden, akan meluruskan material longsor yang dibuang alat berat pertama ke bagian bawah supaya material tersebut tidak menumpuk di bagian atas.

"Setelah itu material longsor disambut lagi oleh alat berat ketiga dan keempat sampai material longsor itu terbuang ke sektor satu yang sudah clear," kata Deden.

Baca juga: Rumah-rumah Korban Banjir di Kalsel Disatroni Maling, Pemilik Memilih Kembali untuk Berjaga-jaga

Dedan mengatakan, dalam pencarian hari ke-10 ini, prosesnya akan dimaksimalkan supaya 8 korban yang diduga masih tertimbun bisa segera ditemukan semuanya.

Sementara, jika hari ini semua korban tidak berhasil ditemukan, pihaknya akan segera melakukan evaluasi bersama semua tim SAR gabungan yang terlibat dalam proses pencarian tersebut.

"Evaluasi akan dilaksanakan hari ini bersama semua tim, mulai dari pemerintah daerah, TNI, Polri, hingga Potensi SAR Jawa Barat," ucapnya.

Baca juga: Sehari Setelah Ditusuk Syekh Ali Jaber Datang Menemuinya, Deddy Corbuzier Heran Ungkap Tabiat Syekh 

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved