Breaking News:

Atasi Stres di Masa Pandemi Covid-19, Tips Sehat Profesor Unpad di Seminar Rotary Club Bandung

Sasaran virus Covid 19 adalah paru-paru manusia sehingga mematikan. Karena itulah pandemi Covid 19 menakutkan dan menimbulkan kecemasan tingkat tinggi

Istimewa
Rotary Club Bandung Utara gelar seminar sehat di tengah wabah Covid-19. Pandemi Covid 19 telah melanda semua negara di dunia dan telah berlangsung sekitar sepuluh bulan. Virus ini sangat mudah menular dan cepat meluas. 

PANDEMI Covid 19 telah melanda semua negara di dunia dan telah berlangsung sekitar sepuluh bulan. Virus ini sangat mudah menular dan cepat meluas.

Sasaran Virus Covid 19 adalah paru-paru manusia sehingga dapat mematikan, karena itulah pandemi Covid 19 menakutkan dan menimbulkan kecemasan serta kebingungan.

Untuk mengendalikan penularan, diberlakukan berbagai protokol kesehatan diantaranya mencuci tangan, menghindari kerumunan dan menjaga jarak (3 M).

Akibatnya terjadi kesulitan dan tantangan yang luar biasa dalam proses belajar mengajar, bekerja, berbisnis, dan bergaul.

Baca juga: TERUNGKAP, Ternyata di Sini Tempat dan Waktu Pembuatan Video Viral 17 Detik Nakes TikTok

Baca juga: Akun Tiktok Tenaga Kesehatan Tolak Disuntik Vaksin Covid-19 Hilang, Setelah Heboh di Medsos

Baca juga: Daftar 23 Jalan di Kota Bandung yang akan Ditutup Pada 11-25 Januari 2021, Pukul 20.00-05.00 WIB

Para ahli di seluruh dunia masih berjuang untuk menemukan vaksin. Sementara itu seluruh penduduk dunia termasuk Indonesia harus berusaha untuk mematuhi protokol kesehatan agar sehat dan sejahtera. Bagaimana caranya? Tugas manusia harus beradaptasi dengan Covid-19.

Apabila memilih menerima dan patuh pada peraturan maka akan aman dari risiko penularan. Namun apabila memilih menyangkal dan mengabaikan peraturan atau bahkan marah dan menentang akan menyebabkan stres.

Rotary Club Bandung Utara (RCBU) berperan serta untuk menjawab ini dengan mengadakan seminar melalui zoom dengan judul “Mengatasi Stres pada Masa Pandemi Covid 19” yang telah berlangsung Kamis, 26 November 2020.

Pembicara utama adalah Prof. Dr. Tuti Wahmurti A. Sapiie, dr. Sp.KJ (K)[1], Guru Besar Fakultas Kedokteran UNPAD.

Stres adalah keadaan yang mengganggu fungsi psikologis maupun fisik seseorang. Stres merupakan alarm yang meliputi 3 fase: reaksi alarm, adaptasi  dan bisa bertahan, kelelahan bila adaptasi (kebertahanan) yang diperoleh hilang. Stres muncul karena ada sumbernya baik biologis maupun psikososial.

Sumber biologis seperti infeksi, cedera, racun, bising /suhu dan cahaya yang berlebih. Sedangkan psikososial seperti kehilangan, kekecewaan, ancaman, ketakutan (yang nyata atau tidak), ada tekanan, perselisihan, pertengkaran, mengalami kegagalan atau kesulitan bertubi-tubi.

Halaman
123
Penulis: Oktora Veriawan
Editor: Oktora Veriawan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved