Breaking News:

Jokowi Reshuffle Kabinet

Jadi Menteri Sosial Gantikan Juliari Batubara yang Ditangkap KPK, Tugas Berat Ada di Pundak Risma

Tugas berat menanti Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, yang ditunjuk Menteri Sosial menggantikan Juliari P Batubara yang ditahan KPK.

Editor: Giri
source of kompas tv
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini atau biasa disapa Risma ditunjuk Presiden Jokowi menjadi Menteri Sosial. 

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA - Tugas berat menanti Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, yang ditunjuk Menteri Sosial menggantikan Juliari P Batubara yang ditahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Peneliti Pusat Kajian Antikorupsi UGM, Zaenur Rohman, sebagai kader PDI Perjuangan, Risma harus memastikan agar program Kemensos tidak menjadi alat politik. 

Selain itu, Risma juga harus memastikan, program-program tersebut dapat bebas dari praktif koruptif.

"Ini bukan tugas mudah, karena harus menjalankan program yang masif dengan tuntutan bebas korupsi dan tidak digunakan sebagai alat politik partisan sedangkan Risma berangkat dari partai politik," kata Zaenur saat dihubungi, Selasa (22/12/2020).

Tuntutan agar program-program Kemensos bebas korupsi itu tak lepas dari kasus dugaan suap terkait bantuan Covid-19 yang menjerat Menteri Sosial sebelumnya, Juliari Batubara.

Baca juga: Rachel Vennya Jadi Trending Topic Gara-gara Unggah Foto Tanpa Hijab, Ini Komentar sang Mama

Menurut Zaenur, sebagai pengganti Juliari, Risma juga harus mampu menyusun ulang program di Kemensos untuk meminimalisasi celah korupsi.

"Misalnya dengan mengganti model bantuan barang menjadi bantuan tunai melalui rekening. Risma juga harus mampu melepaskan diri dari segala godaan korupsi dan kepentingan partainya," kata Zaenur.

Zaenur sendiri menilai Risma memiliki reputasi cukup menonjol selama menjadi wali kota, tetapi jabatan barunya sebagai Mensos memiliki tantangan berbeda.

Terlebih, Kemensos masih memiliki banyak peran penting selama masa pandemi.

"Semoga Risma dapat bekerja secara profesional, sehingga rakyat akan banyak terbantu, apalagi selama masa pandemi ini," ujar Zaenur.

Baca juga: Kondisi Mobil yang Dipakai Polisi dan Laskar FPI Saat Bentrok Diungkap Komnas HAM, Ada Darah

Baca juga: Partisipasi Pemilih di Kabupaten Sukabumi Hanya 60,51 Persen, Tapi Ada yang Menggembirakan

Presiden Joko Widodo menunjuk Risma sebagai Menteri Sosial menggantikan Juliari Batubara yang merupakan sesama kader PDIP.

"Saya kira kita tahu semuanya beliau adalah wali kota Surabaya, ya. Dan saat ini Bu Tri Rismaharini akan kita berikan tanggung jawab untuk menjadi Menteri Sosial," ujar Jokowi dalam konferensi pers, Selasa sore.

Menurut rencana, Risma dan lima menteri baru lainnya akan dilantik oleh Jokowi pada Rabu (23/12/2020). (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jadi Mensos, Risma Punya Tugas Berat untuk Pastikan Program Bebas Korupsi"

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved