Breaking News:

Penanganan Virus Corona

Pantau Libur Natal dan Tahun Baru, Ada Puluhan CCTV disebar, Pantau Daerah Rawan

Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jawa Barat (Jabar) mendirikan 12 Posko  untuk menghadapi libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2021.

Tribun Jabar
Kawasan Wisata Asia Afrika Bandung 

TRIBUNJABAR. ID, BANDUNG- Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jawa Barat (Jabar) mendirikan 12 Posko  untuk menghadapi libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2021.

Kepala Dishub Jawa Barat Hery Antasari mengatakan, puncak arus mudik Nataru tahun ini diperkirakan terjadi 23 Desember 2020.

"Perkiraan dari Litbang Kemenhub puncak arus mudik dan balik Nataru ini ada di tanggal 23, 27, 31 Desember, dan 4 Januari," ujar Hery saat memantau persiapan  pengamanan pengamanan libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 Terminal Cicaheum,  Minggu (20/12) .

Baca juga: Hadapi Libur Panjang, Pakar Epidemiologi Sarankan Pemkot Bandung Pertimbangkan Keputusan Soal Ini

Selain itu di tiap kabupaten kota di Jabar juga ada 4 posko yang dibangun Dishub tiap daerah sehingga jumlahnya ada 100 posko.
Selain posko, Dishub Jabar juga menyiapkan CCTV di jalur rawan kecelakaan, rawan kemacetan, dan rawan bencana.

"CCTV bisa pantau 50 titik utama di jalan provinsi khusus yang rawan laka, rawan macet, dan kaitan dengan bencana," ujarnya.

Pengamanan Nataru semua terminal yang ada di Jabar dipantau. Selain terminal, kondisi jalan, marka jalan, dan rambu-rambu lalu lintas juga sudah dipersiapkan.

"Untuk armada sudah diadakan ramp check, sudah koordinasi juga dengan kabupaten kota yang juga melakukan upaya ramp check," ujar Hery.

Baca juga: Jelang Natal dan Tahun Baru, Dishub Jabar Bangun Posko dan Pasang CCTV di Tempat Rawan

Hery mengatakan, pihaknya sudah melakukan pengecekan kesiapan baik dari segi pasukan lapangan, SDM maupun sarana dan prasarana di jalur Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan (Ciayumajakuning)

Dari hasil pengecekan, kata Hery, Posko yang didirikan sudah cukup baik bahkan di atas ekpektasi. Menurutnya, pengecekan tersebut merupakan rangkaian sekaligus pemantauan pertama arus mudik dalam rangka libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

Hery meminta masyarakat tetap menjalankan protokol kesehata dengan memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak serta tidak berkerumun.  (3M 1T) saat beraktivitas khususnya di jalan raya untuk menekan penyebaran Covid-19. 

Halaman
123
Penulis: Tiah SM
Editor: Siti Fatimah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved