Breaking News:

Angin Puting Beliung

BIKIN NGERI, Angin Kencang Sapu Genting-genting Rumah di Desa Darma Kuningan, Warga Masih Khawatir

Geting-genting rumah warga di sekitar Waduk Darma Kuningan berjatuhan disapu angin puting beliung. Warga masih takut akan terjadi lagi.

Istimewa
ILUSTRASI --- Geting-genting rumah warga di sekitar Waduk Darma Kuningan berjatuhan disapu angin puting beliung. Warga masih takut akan terjadi lagi. 

Laporan Kontributor Kuningan, Ahmad Ripai

TRIBUNJABAR.ID, KUNINGAN – Bangunan atas rumah warga di Desa / Kecamatan Darma terbang berhambuan setelah disapu hujan dan angin kencang.

Pusat pusaran angin kencang itu terjadi di Waduk Darma dan Waduk Jatiluhur.

Informasi tersebut disampaikan Yadi Juharyadi sekaligus Kepala Desa /Kecamatan Darma saat menyampaikan kepada awak media melalui ponselnya, Senin (7/12/2020).

“Kemarin ada pusaran angina terjadi di sekitar waduk darma, dan menurut informasinya juga sama terjadi di Waduk Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta,” kata Yadi saat mengawali perbincangan tadi.

Baca juga: Dua Hari Kuningan Diselimuti Kabut, Jarak Pandang Terbatas, Warga Diminta Waspada

Pusaran angin kencang yang warga menyebutnya putting beliung, tampaknya berimbas pada bangunan atas rumah warga setempat.

"Ada 4 rumah yang alami rusak ringan akibat kejadian angin kencang,” katanya.

Lokasi kejadian itu di dua dusun dengan bangunan rumah rusak itu di Dusun Ciook ada tiga rumah dan Paleben dan sebanyak satu rumah.

"Rumah rusak itu milik Ibu Mela, Sri, Aat  dan Ibu Anah di Rt 23, ibu Aat. Kerusakannya sebagian kecil atap dan kanopi garasi dan beberapa genteng yang tertiup aning,” katanya.

Kejadian serupa juga berlangsung di Desa Cipasung  yang menimpa sejumlah pepohonan di perkebunan warga.

Baca juga: Terbaru Mensos Juliari P Batubara, Ini 4 Menteri Era Jokowi yang Tersandung Kasus Korupsi

“Banyak pohon tumbang, seperti pohon pisang,” kata Dedi yang kebetulan sebagai Kadus I desa setempat.

Sementara video berdurasi 30 detik beredar di kalangan warga Kuningan, yang menyebutkan terjadi angina angin puting beliung. Dalam video beredar itu keluar pernyataan demikian.

“Paur siap-siap bisi kadie, tingali kaluhurna jiga beliung, beliung naon nya beliung inimah, putting beliung, (Hawatir siap-siap takut kesini, lihat keatasnya seperti beliung, beliun apa, beliung ini mah, putting beliun,) ” ungkap dalam video tersebut (*)

Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved